Jelang Lebaran, Dinas PKH Sinjai Pastikan Daging yang Beredar Aman dan Sehat

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), H Burhanuddin.

BERITA.NEWS, Sinjai – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) memastikan kesehatan daging sapi yang dijual jelang Idul Fitri 1442 Hijriah, sehat dan aman untuk dikomsumsi.

Kepala Dinas PKH Sinjai H. Burhanuddin menjelaskan bahwa untuk memastikan peredaraan daging di pasaran aman dan sehat pihaknya menugaskan petugas keswan untuk melakukan pemantauan dan pemeriksaan sapi yang siap dipotong.

“Saya sudah menugaskan teman-teman di setiap kecamatan untuk melakukan pemantauan atau pemeriksaan kesehatan hewan yang akan dipotong,” ujarnya, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga :  Terjadi Lonjakan Kasus Covid, Plt Gubernur Sulsel Ingatkan Disiplin Prokes dan Jaga Imun

Lebih lanjut kata Burhanuddin, para petugas kesehatan itu rutin memeriksa status kesehatan hewan yang akan dipotong. Petugas itu tersebar di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai.

“Ditugaskan di delapan kecamatan, kecuali pulau sembilan karena disana tidak ada populasi sapi potong. Jadi di luar Sinjai Utara kita sudah tugaskan petugas untuk mengawasi terutama sapi-sapi yang siap dipotong,” jelasnya.

Selain menjamin kesehatan daging yang beredar di masyarakat, Burhanuddin juga menjamin stok daging jelang Idul Fitri.

Baca Juga :  Koramil Mranggen Bagi-bagi Masker di Jalan dan Sosialisasi Prokes

“Kalau di Sinjai sekarang stok populasi kita yang siap dipotong kurang lebih 12.000 ekor, terdiri dari jantan yang siap potong itu 7.800 ekor, sisanya itu sapi-sapi yang umurnya di atas 8 tahun,” tandasnya.

  • Sulfikar