Gandeng PSMTI, Pemkab Gowa Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Tionghoa

BERITA.NEWS, Gowa – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Gowa menggelar vaksinasi Covid-19 untuk seluruh pengurus dan anggota.

Kegiatan ini berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (10/5) dan merupakan dukungan langsung dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memantau kegiatan tersebut mengapresiasi vaksinasi yang diinisiasi oleh PSMTI Kabupaten Gowa ini. Menurutnya ini merupakan salah satu cara untuk mengakselerasi percepatan kekebalan kelompok (herd immunity).

“Hari ini kita bekerjasama dengan PSMTI untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Jadi vaksinasi ini tujuannya untuk herd imunity yaitu kekebalan kelompok. Untuk mencapai kekebalan kelompok itu dibutuhkan 70 persen dari jumlah penduduk yang sudah divaksin,” kata Bupati Adnan yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan.

Kedepan kata Adnan Pemkab Gowa akan terus melakukan akselerasi percepatan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok.

“Kita targetkan besok atau hari Rabu kita lakukan lagi vaksinasi kepada teman-teman Grab. Ini dilakukan terus sebagai proses untuk akselerasi membentuk kekebalan kelompok,” tambah Adnan.

Baca Juga :  Gubernur: Sulteng Berduka Atas Wafatnya Habib Saggaf

Ketua PSMTI Kabupaten Gowa, Eleandy Ho mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi yang diutamakan untuk lanjut usia ini untuk membantu Pemerintah Kabupaten Gowa menyukseskan vaksinasi Covid-19.

“Kegiatan hari ini untuk membantu pemerintah terkait vaksinasi bagi lanjut usia dan kami memang utamakan lansia,” kata Eleandy Ho.

Sementara itu, Ketua Bidang Sosial PSMTI Kabupaten Gowa yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Vaksinasi, Yerry berharap kegiatan ini bisa membantu kinerja-kinerja pemerintah khususnya dalam program vaksinasi ini.

“Memang diperlukan kolaborasi yang baik antara organisasi masyarakat dengan pemerintah supaya masyarakat yang membutuhkan cepat mendapatkan vaksin. Apalagi untuk kaum lansia. Semoga apa yang kami lakukan hari ini betul-betul membantu peserta maupun pemerintah,” harapnya.

Dirinya menambahkan vaksin yang diprioritaskan untuk lansia ini, Pemkab Gowa menyiapkan 80 dosis vaksin. Vaksin ini juga khusus untuk masyarakat keturunan Tionghoa yang ada di Kabupaten Gowa.

Baca Juga :  Terapkan Prokes Covid-19 Ketat, Pemprov Sulsel Mulai Persiapkan HUT RI ke- 76

Di tempat yang sama, salah seorang peserta vaksinasi, Abdul Rachman Mannan menyambut baik kegiatan ini. Dirinya menilai bahwa vaksinasi ini untuk kebaikan bersama dan sebagai warga negara yang baik, ini harus didukung agar bisa keluar dari pandemi Covid-19 ini.

“Saya mengajak masyarakat sebaiknya kita jangan antipati dengan program pemerintah, kerena semua tujuannya itu untuk kebaikan kita semua. Pandemi ini buka hanya di Indonesia tetapi secara global,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan hidup sehat. Karena dengan cara ini bisa membantu untuk tetap sehat dan terhindar dari Covid-19.

  • Putri