BMKG Sebut Sulsel Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Ilustrasi. (Shutterstock)

BERITA.NEWS, Makassar–Adanya potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia. Terkhusus di Sulawesi Selatan (Sulsel) kini menjadi salah satu daerah yang harus mewaspadai potensi tersebut.

Hal itu diingatkan langsung oleh Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) dalam keterangan resminya Senin 10 Mei 2021.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, berdasar pada analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa terdapat aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia yang teramati bersamaan dengan aktifnya fenomena gelombang Ekuatorial lainnya seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

“Saat ini juga teramati pola sirkulasi siklonik di wilayah Indonesia, yaitu di Laut Sulu dan Papua Barat yang dapat membentuk pertemuan dan perlambatan kecepatan angin,” katanya

Baca Juga :  Orasi Ilmiah di Seminar IPKN, Kapolri: Sinergitas Polri-Auditor Kunci Cegah Korupsi

“Kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang menyebabkan pembentukan awan hujan menjadi lebih intensif di beberapa wilayah Indonesia,” imbuhnya.

Guswanto menjelaskan, dari potensi itu tentunya dapat menimbulkan potensi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 10 sampai 12 Mei 2021 di Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Lalu pada 13 sampai 15 Mei 2021 berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga :  Rencana Sekolah Tatap Muka Awal Juli, Plt Gubernur Sulsel: Kembalikan ke Daerah

“Kemudian pada tanggal 16 sampai 17 Mei 2021 berpotensi terjadi Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua,” terangnya.

Penulis: Sup