Banyak Pemudik yang Lancar Jaya Saat Mudik, Kapolda Sulsel Ungkap Jalur Tikus

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam. (Istimewa).

BERITA.NEWS, Makassar–Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Merdisyam angkat bicara terkait pemudik yang mengaku perjalanan mudiknya lancar jaya tanpa ada hambatan atau larangan mudik. Bahkan, Irjen Merdisyam pun juga menyinggung soal jalur tikus.

“Iya kalo ada yang lolos itu pasti ada. Tidak bisa 100 persen kita ketatkan, yang penting bagaimana kita mengupayakan, termasuk jalur-jalur tikus,” kata Irjen Merdisyam kepada awak media, saat melakukan pemantauan dan penyekatan di pos-pos pada Operasi Ketupat 2021 di Wilkum Polda Sulsel, Senin (10/5/2021).

Merdisyam menerangkan, bahwa terlepas dari adanya pemudik yang lolos tersebut, pihaknya sudah di kepolisian dan pihak terkait lainnya tetap maksimal dalam melakukan penyekatan, terutama di jalur-jalur mudik.

Adapun khusus untuk jalur tikus,  Merdisyam mengaku banyak pemudik yang memanfaatkan jalur tersebut. Oleh sebab itu, polisi tidak bisa mengandalkan posko penyekatan arus mudik semata.

“Jadi harus melalui cara patroli. Jadi, selain ada pos statis, juga ada mobile yang berjalan. Jadi kita harapkan dengan seperti ini dapat menekan, meminimalkan mudik, baik dari maupun ke luar kota,” terang Merdisyam.

Sekedar diketahui, tepat hari ini Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Merdisyam didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Halim Pagarra, Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol. Andi Fairan, dan Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana, beserta Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan dan Pejabat Utama Polda Sulsel lainnya yang melaksanakan kegiatan pemantauan dan penyekatan pada Operasi Ketupat 2021 di Wilkum Polda Sulsel.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pemudik Makassar, masih nekat memilih jalur tikus untuk pulang kampung demi menghindari penyekatan pemeriksaan tim terpadu di pos penjagaan, baik di perbatasan Kabupaten Maros-Pangkep dan Kabupaten Gowa-Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari laporan, Sabtu (8/5), pemudik menempuh jalur tikus terpantau di jalan tembusan menghubungkan Kota Makassar – Kabupaten Maros pada wilayah Moncongloe.

Penulis: Sup