Unhas dan Kominfo Bahas Program Digital Talent Scholarship

BERITA.NEWS, Makassar – Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menerima kunjungan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Litbang SDM) Kementerian Informasi dan Informatika RI, Hary Budiarto.

Dalam pertemuan di Ruangan Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (5/5/2021), keduanya membahas kerja sama program Digital Talent Scholarship (DTS) 2021.

Kepala Litbang SDM Hary Budiarto menjelaskan, Program Digital Talent Scholarship bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas serta profesionalisme SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Kami menargetkan seratus ribu mahasiswa yang bisa mengikuti pelatihan dan memperoleh sertifikasi, sehingga siap masuk dan lebih berpeluang mengakses dunia kerja,” jelas Hary.

Di lain sisi, Rektor Unhas didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Prof. Dr. Muh.Nasrum Massi, Ph.D dan Direktur Komunikasi Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menyampaikan apresiasi terhadap program ini.

Menurutnya, program ini dapat menjadi salah satu media fasilitas pendidikan bagi mahasiswa lingkup Unhas. Untuk itu, Unhas akan kembali memberi dukungan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Program ini sangat menarik untuk para mahasiswa, mereka akan sangat antusias untuk bisa menjadi bagian program Digital Talent Scholarship ini sebagai penunjang Fasilitas pendidikan mereka,” terang Prof. Dwia.

Digital Talent Scholarship (DTS) 2021 merupakan program stimulan yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi talenta digital dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia. Tahun ini, DTS telah memasuki angkatan ke-3.

Unhas telah berpartisipasi pada program DTS baik Angkatan I tahun 2019, maupun Angkatan II tahun 2020. Sesuai jadwal, DTS tahun 2021 akan mulai berlangsung tanggal 10 Mei 2021.

Berikut delapan program DTS 2021, yaitu:

1. Fresh Graduate Academy (FGA),
2. Vocational School Graduate Academy (VSGA),
3. Thematic Academy (TA),
4. Professional Academy (ProA),
5. Government Transformation Academy (GTA),
6. Digital Entrepreneurship Academy (DEA),
7. Digital Leadership Academy (DLA),
8. Talent Scouting Academy (TSA).

  • Alfiandis