Andi Sudirman Pimpin Apel Besar Operasi Ketupat, Ada Penyekatan Menjelang Lebaran

Plt Gubernur Andi Sudirman di Apel Besar Operasi Ketupat (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Gubenur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pimpin apel besar operasi ketupat, gabungan aparat keamanan jelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Andi Sudirman mengatakan operasi ketupat dari gabungan beberapa aparat kepolisian, TNI dan Pemda mulai bergerak hari Kamis 6 Mei sampai 17 Mei 2021.

“Operasi ketupat. Dan ini juga dalam rangka sinergitas program-program terkait penyekatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19,” ucapnya.

Khusus wilayah aglomerasi Mamminasata yang meliputi Makassar, Maros, Gowa dan Takalar akan menjadi atensi pengawasan larangan mudik. Sesuai instruksi pemerintah pusat.

Baca Juga :  Terima Bupati Wajo, Plt Gubernur Sulsel Bahas PI Hingga Rencana Kunjungan Presiden Jokowi

“Tentu juga pengetatan di wilayah-wilayah arus mudik. Itu kita akan tahan. Kecuali memang melakukan perjalanan dinas dan beberapa kegiatan memang sudah menjadi angkutan barang dan jasa,” ujarnya.

Menurutnya, budaya mudik yang selalu menjadi agenda tahunan masyarakat jelang libur panjang ataupun hari besar keagamaan seperti lebaran Idul Fitri tidak dulu dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

“Tentunya budaya yang dulu selalu mudik sekarang harus, sudah dua tahun melakukan. Saya rasa masyarakat paham. Bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk kemudian melaksanakan mudik besar-besaran dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga :  Didampingi Plt Gubernur Sulsel, Sandiaga dan Atta Halilintar Sambangi Wisata Alam Rammang-Rammang Maros

“Kita melakukan kebijakan-kebijakan ini tidak lain adalah sebagai bentuk dalam rangka menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait masalah yang terjadi di negara lain seperti di India. Kita tidak mau nanti itu. Dulu mereka juga turun semua. Tapi tiba-tiba meledak karena euforia kemudian kegiatan semuanya jadi masalah kan,” tambahnya.

  • Andi Khaerul