6-17 Mei, 4.327 Aparat Gabungan Siap Amankan Operasi Ketupat di Sulsel

Plt Gubernur Andi Sudirman di Apel Operasi Ketupat (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pimpin apel besar operasi ketupat pengamanan jelang lebaran Idul Fitri 6 – 17 Mei 2021.

Sebanyak 4,327 aparat gabungan dari TNI Polri, Pemerintah Daerah (Pemda) akan bertugas melakukan operasi ketupat. Termasuk, melakukan pengawasan dan pengetatan larangan mudik jelang lebaran Idul Fitri 1442 hijriah.

“Operasi ketupat. Dan ini juga dalam rangka sinergitas program-program terkait penyekatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19,” ucapnya. Rabu (5/5/2021).

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdy Syam menyebutkan sebanyak 4,327 personil aparat gabungan siap melakukan pengawasan dalam operasi ketupat. Mulai berlaku besok Kamis 6 Mei 2021.

Baca Juga :  Temuan Utang Rp 34 M, Dewan Panggil Kadis TPHP Pemprov Sulsel

“Pelaksanaan operasi ketupat kita laksanakan dari mulai tanggal 6 mei besok sampai dengan 17 Mei dengan melibatkan 4327 personil polri ditambah dengan pasukan TNI dan Pemda dengan melibatkan 42 titik penyekatan terdiri dari juga 48 pos pengamanan diisi oleh personil-personil gabungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Merdy Syam mengatakan ada 27 pos pemantauan dan pos penyekatan disiapkan di setiap batas-batas Kabupaten dan Kota. Kecuali wilayah aglomerasi.

Baca Juga :  Terima Bupati Wajo, Plt Gubernur Sulsel Bahas PI Hingga Rencana Kunjungan Presiden Jokowi

“Kita ada aglomerasi 4 kota. Makassar maros gowa dan takalar. Artinya di 4 kota tersebut diberikan kesempatan atau dari pemerintah itu karena harus perpindahan tiap hari penempatan suatu bagian. Jadi tidak ada pembatasan. Tapi selain 4 kota tersebut ini kita lakukan pembatasan,” pungkasnya.

  • Andi Khaerul