Kadisdik Sulsel Pastikan Insentif Guru Honorer Naik Rp 15 Ribu Per Jam Tahun Ini

BERITA.NEWS,Makassar– Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel Prof Jufri menyebut kenaikan insentif bagi guru honorer sudah berjalan tahun ini. Dari Rp 10 Ribu Per Jam mata pelajaran menjadi Rp 15 Ribu Per Jam.

Hal itu dikatakan, Prof Jufri di pembukaan Ramadan Fair dan Pasar murah rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 di Kantor Disdik Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. Minggu (2/5/2011).

“Kesejahteraan guru yang kita lakukan khusus tahun ini honorer dari sebelumnya 10 ribu per jam sekarang 15 ribu per jam. Mulai sekarang, yang APBD ya. Kita minta yang dana Bos menyesuaikan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM itu mengatakan Pemprov Sulsel dibawa Dinas Pendidikan mencatat ada 11 ribu guru honor SMA/SMK dan sederajat tersebar di 24 Kabupaten dan Kota Se-Sulsel.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Tiadakan Open House Idul Fitri

“Kan ini dari 11 ribu (guru honorer) itu ada 3,400 dibayar di APBD. Sisanya itu dibayar melalui dana bos sekolah. Nah untuk dana bos diharapkan menyesuaikan keputusan yang kita ambil Rp 15 ribu per jam,” sebutnya.

Prof Jufri mengatakan dalam peruntukan anggaran atau APBD tahun 2021 pihaknya menyediakan alokasi insentif sebanyak Rp 38 miliar. Tapi belum mampu mengcover seluruh guru honorer yang jumlahnya capai 11 ribu orang.

“(Total APBD ?) Rp 38 Miliar, untuk 3400 an itu. Sumbernya APBD. Sisanya dana bos (dari 11 ribu),” pungkasnya.

Baca Juga :  Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

Sementara itu Asisten 1 Pemprov Sulsel Andi Aslam Patonangi mewakili Plt Gubernur mengatakan momentum Hari Pendidikan Nasional tahun ini, musti jadi ajang refleksi meningkatkan kualitas pendidikan Sulsel kedepannya.

“Harapan kita seperti itu di hari pendidikan nasional ini di samping kegiatan ini, teman-teman dinas pendidikan juga mulai refleksi agar kualitas pendidikan kita di tahun akan datang jauh lebih baik,” kata Mantan Bupati Pinrang dua periode tersebut.

Laporan: Andi Khaerul