Andi Sudirman Minta Bupati Selesaikan Masalah Pembebasan Lahan Kereta Api

Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS,Makassar– Pelaksana Tugas (Plt) gelar rapat koordinasi progres pengadaan tanah jalur proyek kereta api Makassar – Parepare dan Makassar New Port (MNP) di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel. Selasa (13/4/2021).

Khusus Kereta Api, Andi Sudirman mengatakan hasil pertemuan tersebut pembebasan lahan menjadi prioritas utama selesai tahun 2021. Di wilayah, Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros dan Makassar.

“Akselerasi pembebasan lahan di Sulsel dengan membagi koridor, ada koridor Makassar, Pangkep, Barru, pare, dan koordinator masing-masing adalah kepala daerahnya,” tegasnya

Andi Sudirman mengatakan semua pihak khususnya Kepala Daerah terkait harus memberikan atensi lebih melakukan pendekatan kepada masyarakat yang masih enggan menerima pembebasan lahan tersebut.

Baca Juga :  Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

“Kita sudah mulai mempersempit ruang yang harus menjadi konsen termasuk daerah yg belum tuntas dan daerah yang harus melakukan pendekatan persuasif ketika sudah ada solusi, jadi di Pangkep sudah 94 persen wilayah yg akan dibangun untuk sampai (pelabuhan) garongkong,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Sudirman mengatakan target 2021-2022 untuk koridor 1 tonasa dan garongkong optimis selesai, ruas berikutnya mulai dari Parepare, Pangkep dan Maros akan menjadi prioritas yg tahun ini harus diselesaikan.

Baca Juga :  Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

“Wilayah pembebasan lain tinggal spot yang ada panjang 0,1 km, ada 0,4, 0,5 ini semua yang belum tuntas dan kita optimis, dalam DAU ke depan ada progres signifikan yang kita kerjakan karena sudah terbentuk kepala balai perkeretaapian khusus Sulsel,” pungkasnya.

 

Andi Khaerul