Plt Gubernur Lepas Ekspor Komoditas Unggulan Sulsel Senilai Rp 49,9 Miliar

Plt Gubernur Andi Sudirman Lepas Ekspor Komoditas Unggulan (Dok)

BERITA.NEWS,Makassar– Sulsel kembali melakukan ekspor beberapa komoditas unggulannya pasar mancanegara di masa pandemi Covid-19. Nilainya mencapai USD 3,44 juta atau Rp 49,9 miliar lebih.

Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman melepas langsung secara simbolis ekspor komoditas unggulan tersebut di Terminal Peti Kemas Makassar PT Pelindo IV. Senin (12/4/2021).

Adapun komoditas unggulan yang di ekspor seperti perdana rempah-rempah, pupuk bat guano. Dikirim ke berbagai negara diantaranya Hongkong, Amerika Serikat, Cina, Italia, Kanada, Rusia, Perancis, Jepang, Australia, dan Korea Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, pelepasan ekspor perdana ini sangat luar biasa, dengan nilai awal Rp 49,9 miliar. Iapun mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh eksportir di Sulsel.

“Semua yang diekspor adalah rempah- rempah dan ini tentu menyangkut dengan masyarakat banyak di Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Baca Juga :  Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

Ia mengapresiasi PT Pelindo yang terus mendorong ekspor produk Sulsel ke belahan dunia. Terlebih, jika Makassar New Port (MNP) bisa beroperasi, maka akan meningkatkan nilai ekspor di Sulsel.

“Nanti kalau sudah jadi Makassar New Port, ini bisa lebih besar lagi. Karena kapal yang bisa sandar adalah yang panjangnya 400 meter. Bisa dibayangkan jika bisa mampir. Jalur perdagangan kapal besar (dari luar negeri) bisa melintasi Sulsel,” ujarnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, melaporkan, pelepasan ekspor perdana ini diikuti oleh 14 pelaku usaha ekspor. Muali CV. Aromata Anugrah Sultan, CV. Muna Agro Indonesia, PT. Sumber Guna Makassarnusa, CV. Adi Tirta.

Selanjutnya, CV. Mega Citra Karya, CV. Guna Bahari Indonesia, PT. Prima Indo Tuna, PT. Prima Bahari Inti Lestari, PT. Biota Laut Ganggang, PT. Comextra Majora, PT. Nuansa Cipta Magello, PT. Biru Laut Nusantara, PT. Bogatama Marinusa, dan PT. Dunia Marine Product.

Baca Juga :  Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

“Komoditas yang diekspor perdana terdiri dari kemiri, kayu manis, ketumbar, pupuk bat guano. Sedangkan rumput laut, ikan segar, gurita, carragenan, mete kupas, daging kepiting, udang olahan, udang segar dan cumi merupakan komoditas ekspor yang sudah berjalan selama ini,” sebutnya.

 

Andi Khaerul