BI Dorong Penggunaan QRIS Merchant Transaksi Keuangan Pemda se-Sulsel

Plt Gubernur Andi Sudirman didampingi Direktur BI Budi Hanoto dan Ketua DPRD Sulsel. (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Bank Indonesia (BI) di Sulsel terus mendorong komitmen penggunaan digitalisasi keuangan pada sistem pembayaran atau transaksi keuangan di Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten kota se-Sulsel, Jumat (9/4/2021).

Kepala BI Sulsel Budi Hanoto mengatakan pihaknya akan meluncurkan sistem pembayaran QR Code sistem Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Hadirkan digitalisasi keuangan di 24 kabupaten dan kota.

“Kalau dari BI kami sangat mendukung digitalisasi di daerah. Pertama kemarin ada Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia dari Kemenko Perekonomian dan Kemenko Keuangan, Kominfo dan OJK, di situ ada sinergi dan dukungan pemerintah daerah,” ucapnya.

Baca Juga :  Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

Lebih lanjut, Budi Hanoto mengatakan transaksi digitalisasi keuangan di Sulsel mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Olehnya itu, dengan komitmen bersama yang sudah diteken lebih mempercepat dan luas program tersebut.

“Sulsel dalam pertumbuhan digitalisasi 163 persen itu capaian tinggi dibanding nasional 115 persen. Target nasional Rp 12 juta. Kami minta Pemda Pemkot bersinergi program digitalisasi keuangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman percaya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang diisi Bupati dan Walikota bisa komitmen sosialisasikan program tersebut.

Baca Juga :  Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

“Saya yakin dengan kepala daerah ini insya Allah akan menyebarkan ke seluruh masyarakat untuk memperbesar bagaimana akses-akses tentang transaksi digital. Inilah era-era baru yang kita sebenarnya mau tidak mau pasti kita akan berada di sana,” ujarnya.

  • Andi Khaerul