Jelang Bulan Suci Ramadhan, Ini Jurus Ampuh Kapolres Sinjai Berikan Rasa Aman

Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan.

BERITA.NEWS, Sinjai – Kurang dari lima hari lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan. Polres Sinjai melakukan berbagai upaya agar situasi di daerahnya tetap aman dan kondusif.

Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan mengatakan bahwa saat ini pihak Polres Sinjai sudah menyiapkan cara khusus untuk mempertahankan situasi yang aman dan kondusif di bulan suci Ramadhan.

Kapolres Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Iwan Irmawan mengatakan bahwa saat ini pihak TNI-Polri berkordinasi dalam rangka pengamanan bulan suci Ramadhan di Kabupaten Sinjai.

“Dari pihak Polres Sinjai saat ini tentunya akan lebih memfungsionalkan Babinkamtibmas dengan cara berkoordinasi dengan baik dengan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah masing-masing. Selain itu, kami juga berpesan setiap personel agar menjalin komunikasi dengan baik dengan pihak Babinsa di wilayah,” ungkapnya, AKBP Iwan, saat ditemui BERITA.NEWS di loby Mapolres Sinjai bersama dengan Dandim 1424 Sinjai, Letnan Kolonel Infanteri Ely Asyer Sitompul, Kamis (8/4/2021).

Iwan juga menambahkan selain Babinkamtibmas, anggota intel yang di Polsek masing-masing juga diperintahkan untuk melaporkan segala sesuatu hal-hal yang berpontensi menciptakan gangguan Kantimbmas.

“Nanti setiap Babin di wilayah masing-masing akan berkoordinasi dengan baik dengan satuan intel polsek dan polres untuk melakukan pendataan setiap ada keluarga dari warganya yang baru datang atau baru kembali ke Kabupaten Sinjai dalam rangka bulan suci Ramadhan,” terang Iwan Irmawan yang lulusan Akademi Kepolisian tahun 2000 ini.

Baca Juga :  3.209 Petugas Bidang Keagamaan di Sinjai Terima Insentif

Kendati demikian, Kapolres yang sudah bertugas selama 1 tahun dua bulan di Sinjai ini juga mengungkapkan bahwa selain memberikan rasa aman saat bulan suci Ramadhan, Polres Sinjai tidak akan berhenti memberikan imbauan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan masyarakat saat melaksanakan shalat tarwih di masjid.

“Seluruh personel wajib mengedepankan memakai masker dan cuci tangan serta jaga jarak. Selain harus mengingatkan masyarakat, personel Polres Sinjai juga harus menjaga diri saat melaksanakan tugas negara di wilayahnya,” tambahnya.

Sementara Dandim 1424 Sinjai Letnan Kolonel Infanteri Ely Asyer Sitompul saat ditanya BERITA.NEWS terkait peran pihak TNI dalam rangka pengamanan bulan suci Ramadhan di Kabupaten Sinjai, mengatakan bahwa pihak TNI akan selalu siap kapan pun dan dalam keadaan situasi apapun.

“Dari TNI selalu siap mas, kapan pun dan dalam keadaan apapun, selalu siap memback up Polres Sinjai dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat Kabupaten Sinjai, jelas Ely Asyer Sitompul.

Baca Juga :  Macz Man Bantaeng Optimis PSM Melaju ke Final Piala Mempora
Karo Ops Polda Sulsel Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali ()

Di tempat terpisah, Karo Ops Polda Sulsel Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali yang dikonfirmasi mengatakan bahwa Polda Sulsel dan seluruh jajaran Polres yang ada di Sulawesi Selatan pasti akan memberikan pelayanan yang terbaik dalam rangka bulan suci Ramadhan.

“Sesuai arahan Kapolda Sulsel ke Karo Ops Polda Sulsel untuk perintahkan seluruh personel Babinkantimbmas yang berada di kabupaten untuk lebih aktif melakukan pendataan dan menjalin komunikasi dengan baik dengan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah hukum mereka,” ungkapnya Adeni Muhan yang akrab disapa Puang Tindiz.

Adeni juga mengemukakan bahwa selain setiap personel yang berada di Polsek harus aktif mendata, dia juga memerintahkan agar selalu menyampaikan ke orang tua yang di wilayah untuk menyampaikan ke anaknya tentang bahayanya radikalisme.

“Seluruh babinkantimbmas wajib penyuluhan ke setiap warganya tentang bahayanya radikalisme. Jadi semua kaum milenal yang ada wilayahnya wajib diberikan pencerahan bahwa radikalisme bisa merusak masa depan adik-adik kita khususnya kaum milenial,” pungkasnya.

  • MAULANA KARIM/SULFIKAR