Bantu Kejayaan Sutera di Wajo, Pemprov Sulsel Telah Siapkan 1 Juta Bibit Murbei

Kepala Dinas Kehutanan Andi Parenrengi (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel rupanya telah mensuplai bantuan bibit tanaman murbei untuk membantu petani dalam upaya mendorong pengembalian kejayaan sutera di Kabupaten Wajo.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sulsel Andi Parenrengi mengatakan pihaknya sudah menganggarkan pengadaan bibit tanaman murbei membantu petani di Wajo kembalikan produksi sutera.

“Berdasarkan usulan bupati dia minta ada 1 juta bibit murbai untuk membackup itu mendukung kejayaan sutera. Tanamannya Dinas Kehutanan, Dinas Perindustrian peralatan industrinya. Sudah terealisasi,” ucapnya, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, tugas provinsi dalam hal ini Dinas Kehutanan hanya membantu penyiapan bibit. Olehnya itu, bentuk pengembangan dan pengawasan sepenuhnya ada di Pemerintah Daerah (Pemda) Wajo.

Baca Juga :  Sulsel Ekspor 2 Ribu Ton Ikan, Totalnya Capai Rp 97 Miliar

“Kalau ini betul-betul. Karena ini kan salah satu kearifan lokal ini sutera harus Pemerintah Kabupaten Wajo yang bisa mengawal tanaman itu Sehingga bisa mengembalikan kejayaan sutera,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan penyaluran bantuan bibit telah disalurkan semuanya hingga akhir tahun 2020 lalu, sebanyak 1 juta tanaman. Hanya saja diberikan bertahap.

“Semuanya terealisasi cuman dua tahapan, karena adanya kebijakan Refocusing Anggaran diminta di kehutanan juga ada beberapa yang bisa direfocusing sehingga tahap pertama kita hanya 300.000 pohon saja lakukan. Nanti di akhir,” sebutnya.

Baca Juga :  Pelarangan Mudik Serentak Tanggal 6-17 Mei, Wilayah Mamminasata Diperketat

“Kenapa kami tidak berani sekaligus, karena kondisi tahun lalu di Wajo kan kurang hujan, apa artinya kita mau datangkan banyak kalau memang tidak langsung juga ditanam,” tambahnya.

“1 juta semuanya cuman tahap pertama 300 ribu. Kedua 700 ribu sudah Desember kemarin. Cuman terkait pengembangan dan penanamankan kabupaten berdasarkan komitmen dari awal sebelum saya kadis kehutanan,” pungkasnya.

  • Andi Khaerul