Bank Indonesia Sulsel Akan Gelar Festival Ekonomi dan Keuangan Digital

Konferensi Pers Bank Indonesia. (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulsel akan menggelar Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) untuk mewujudkan sistem pembayaran dengan digitalisasi keuangan.

Festival tersebut akan melibatkan 24 pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota se-Sulsel. Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan akta integritas atau komitmen bersama hadirkan digitalisasi keuangan.

Adapun kegiatan Festival Ekonomi dan Keuangan Digitalisasi ini akan digelar pada hari Jumat 9 April 2021 di UpperHills Convention Hall, Jalan Metro Tanjung Bunga.

Direktur Sistem Pembayaran BI Sulsel Iwan Setiawan mengatakan pihaknya sebagai supporting kepada pemerintah daerah hadirkan digitalisasi keuangan disetiap transaksi pembayaran.

Baca Juga :  BI Dorong Penggunaan QRIS Merchant Transaksi Keuangan Pemda se-Sulsel

“Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran suppor pemerintah, tentunya industri mari jadikan Sulsel yang terdepan visi publik keuangan digital. Pentahelix kolaborasi ada 5 unsur akademis, kolaborasi kampus, sekolah, kemudian unsur bisnisman, asosiasi pengusaha government dan media,” ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Sementara itu, Deputi Direktur Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah BI Sulsel Muhammad Ali Aftan mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa membuat masyarakat di Sulsel lebih melek digitalisasi keuangan.

“E-commerce di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini pangsa pasarnya meningkat dari 2019-2020 naik 15 persen, jadi memang kalau kita ngomong apalagi pandemi. Posisi Maret ini di Sulsel masuk dalam 7 besar di Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga :  BI Dorong Penggunaan QRIS Merchant Transaksi Keuangan Pemda se-Sulsel

“Ada talk show hadir pak Dany Pomanto, bicara masalah digitalisasi, ada dari pihak OVO dan Tokopedia, kita juga undang dewan Masjid Indonesia, tapi Pak JK berhalangan hadir, Bapak Amin Syam. Acara itu juga kita buat namanya akta integritas, komitmen bersama,” tambahnya.

  • Andi Khaerul