Rombongan DPRD Poso ‘Belajar’ LKPJ, Diterima Ketua DPRD Sinjai dan Ketua Pansus

BERITA.NEWS, Sinjai – Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai menerima kunjungan rombongan dari DPRD Kabupaten Poso, Selasa (6/4/2021).

Kunjungan tersebut diterima oleh Ketua DPRD Sinjai Lukman H Arsal, Ketua Pansus LKPJ Bupati Tahun 2020 Muzawwir, dan Anggota Pansus Hj Nurbaya Toppo.

Dalam kunjungan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Samuel Munda mengungkapkan alasan DPRD Poso memilih Kabupaten Sinjai untuk melakukan study banding. Mereka menilai Kabupaten Sinjai salah satu Kabupaten terbaik se-Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) bupati.

Olehnya itu, ia mengaku Kabupaten Sinjai merupakan contoh untuk kabupaten lain dalam hal penyusunan LKPJ.

Samuel Munda berharap Kabupaten Poso bisa mengikuti jejak Kabupaten Sinjai yang menjadi kabupaten terbaik se-Sulsel.

“Kami datang kesini untuk mencari ilmu sekaligus ingin belajar terkait hal-hal apa saja yang dilakukan Pansus DPRD Sinjai terkait LKPJ Bupati,” ungkapnya.

Ketua Pansus DPRD Kabupaten Poso, Abraham Badilo, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sinjai maupun DPRD Sinjai atas sambutan dan penerimaan dirinya beserta rombongan.

Baca Juga :  Resmi Dilantik, Rahman Assegaf Kembali Pimpin PMI Pangkep

Menurutnya, apa yang menjadi tujuan rombongan melakukan study banding sekaligus study contoh ke DPRD Sinjai tidak lain untuk belajar terkait LKPJ.

Seperti diketahui, DPRD mempunyai tanggung jawab yang sangat besar begitupun dengan Pemda dalam hal pembangunan daerah kedepan.

“Sebelum kesini kami juga berkunjung ke Setdakab Sinjai dan alhamdulillah kami memperoleh banyak informasi, salah satunya adalah komitmen bersama antara pemerintah dan legeslatif. Hal ini merupakan sesuatu yag sangat penting dalam menjalankan pembangunan daerah. Terlepas dari hal itu, kami juga ingin mengetahui bagaimana sajian-sajian yang dilakukan DPRD Sinjai terkait data falid yang ditemukan Anggota Pansus,” jelasnya.

Ia berharap setelah study banding ini, kedepan Kabupaten Poso juga dapat mengikuti Kabupaten Sinjai yang menjadi kabupaten terbaik dalam hal penyusunan LKPJ.

Sementara itu, Ketua DPRD Sinjai Lukman H Arsal bersama segenap Anggota Pansus DPRD Sinjai menyambut baik study banding yang dilakukan DPRD Kabupaten Poso.

“Sebenarnya kunjungan ini bukan study banding Pak, melainkan sharing informasi terkait apa yang dilakukan DPRD terhadap LKPJ Bupati,” ucap Ketua Pansus LKPJ DPRD Sinjai, Muzawwir.

Baca Juga :  Ayo ke Butik "Biel Studio", Hari ini Soft Opening dan Diskon Semua Produk

Dalam kesempatan itu, Muzawwir juga menyampaikan bahwa ada dua metode yang dilakukan Pansus DPRD Sinjai yakni pendekatan kelembagaan dan pengecekan di lapangan.

Pendekatan kelembagaan yang dimaksud yakni memanggil OPD untuk melakukan rapat bersama terkait data yang ada di masing-masing OPD.

Kemudian, pengecekan di lapangan yaitu melakukan kunjungan langsung ke lapangan untuk mencocokan data terkait penyampaikan apa yang menjadi pidato laporan Bupati pada Rapat Paripurna yang lalu.

“Nah kedua pendekatan itu kami lakukan di Pansus DPRD Sinjai bersama OPD terkait karena kami adalah mitra Pemerintah Daerah, olehnya itu kami melakukan hal tersebut untuk menemukan data falid guna pembangunan daerah yang lebih baik kedepan,” tandasnya.

Sebelumnya Anggota DPRD Kabupaten Poso beserta Pemerintah Kabupaten Poso juga berkunjung ke Setdakab Sinjai.

  • Sulfikar