Jelang Ramadan, BI dan Pemprov Sulsel Kolaborasi Jaga Inflasi Harga di Daerah

High Level Meeting TPID di Sheraton Four Poin Makassar. (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar – Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Sulsel dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) kolaborasi menjaga terjadinya inflasi, stabilitas harga pangan jelang hari-hari raya, seperti Ramadan dan Idul Fitri, Jumat (2/4/2021).

Direktur Perwakilan BI Sulsel Endang Kurnia Saputra mengatakan pihaknya bersama Pemprov Sulsel akan terus bekerjasama agar tidak terjadi inflasi harga didaerah jelang Ramadan dan lebaran Idul Fitri tahun ini.

“Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan masih akan terus bersinergi untuk menjaga inflasi di Sulawesi Selatan tetap rendah dan stabil,” ucapnya.

Baca Juga :  Pangdam Hasanuddin dan Pemprov Sulsel Siap Terapkan Larangan Jelang Idul Fitri

Endang Kurnia mengatakan upaya tersebut diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Inflasi yang rendah dan stabil diharapkan dapat mendukung pemulihan perekonomian serta pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Sulsel Since Erna Lamba mengatakan Plt Gubernur Andi Sudirman juga telah meminta supaya peran aktif Bupati dan Walikota menjga stabilitas harga di daerahnya masing-masing.

Baca Juga :  RSP Otak Nasional Akan Dibangun di Makassar, Anggaran Siap Rp 900 Miliar

“Bupati walikota melakukan pemantauan harga intensif yang khususnya dalam menghadapi hari-hari raya khususnya menjelang Ramadan dan Idul Fitri, nah itu senantiasa melakukan pemantauan harga terutama pada komoditas penyumbang inflasi sehingga gejolak harga ini bisa dikendalikan,” pungkasnya.

  • Andi Khaerul