Dirikan SD Islam Celebes di Luwu, Ini Harapan Hj Hayarna Basmin

BERITA.NEWS, Luwu – Seiring program pemerintah mewujudkan Kabupaten Luwu sebagai salah satu daerah religi, Yayasan Mitra Bahari Katangka Sulawesi Selatan (MBK Sulsel) mendirikan Sekolah Dasar Islam Celebes (Celebes Islamic School/CIS).

Sekolah ini terletak di jalan poros Trans Sulawesi No. 20, Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu.

Pada acara soft opening, Jumat (2/4/2021), Ketua Yayasan MBK Sulsel Dr Hj Hayarna Basmin menjelaskankan bahwa didirikannya CIS sebagai wujud kepeduliannya untuk turut mencerdaskan kehidupan dan mempersiapkan anak bangsa yang berkarakter Islami.

Hal ini sesuai visi misi CIS yaitu melahirkan generasi qurrota a’yun yang bertauhid, berakhlak mulia, dan berwawasan global.

“Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radiallahu Anhu dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh yang berdoa baginya. Dari Hadits tersebutlah, yang mendasari keinginan saya untuk mendirikan CIS ini, semoga menjadi amal jariyah sekaligus membantu mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas, sholeh dan sholehah serta berkarakter islami,” jelas Hj Hayarna Basmin.

Baca Juga :  Satlantas Polres Luwu dan Mahasiswa KKLP STISIP Veteran Palopo Bagi-bagi Masker

Sementara itu, Kepala Sekolah CIS, Ilham Baharuddin mengatakan, bahwa konsep pembelajaran yang akan diterapkan di CIS tetap berpedoman pada kurikulum tahun 2013 Kementerian Pendidikan dengan lebih mengutamakan konsep islami.

“Kita tetap mengikuti konsep kurikulum 2013. Namun sesuai visi misi kita yang berbasis islami, maka konsep pembelajarannya juga lebih kepada konsep islami dan berwawasan global. Banyak program-program unggulan kita seperti Tahfizh, kemah anak sholeh dan lain-lain. Sesuai visinya adalah menciptakan generasi yang berwawasan luas dan global, artinya kita juga memiliki program bagi anak-anak didik sejak dini bisa mengetahui dwi bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” kata Ilham.

Dari program-program unggulan tersebut, pengelola juga akan menciptakan suasana yang membuat para anak didik bahagia mengikuti proses pembelajaran.

“Durasi waktu yang lama di sekolah (pukul 09.00 sampai 15.30 Wita) akan terasa singkat ketika semua aktivitas dibingkai melalui aktivitas yang menyenangkan (joyfull learning) sekaligus mencerdaskan (smart learning), baik bagi perkembangan IQ, EQ, maupun SQ siswa. Adapun bekal keterampilan hidup di era global seperti IT, bahasa Inggris akan diprioritaskan dan dioptimalkan,” lanjut Ilham.

Baca Juga :  Satgas PEN Luwu Dampingi 30 Kades Belajar Pengelolaan Bumdes di Klaten

Seperti halnya sekolah umum, CIS juga akan menerapkan pendidikan ekstra kurikuler seperti Pramuka, olahraga panahan, outbound, club sains dan seni. Dilengkapi dengan fasilitas belajar, seperti AC di tiap ruang kelas, relax room yang meliputi Pojok Baca, Ruang Musik, Bed Rest, Ruang Kreatifitas, Lab Komputer, dan Ruang Peneliti.

Kemudian ada pula fasilitas outbound seperti Flying Fox, dan Jaring Outbound, serta Auditorium.

Tahun 2021, CIS telah membuka pendaftaran bagi peserta didik baru yang dimulai hari ini. Informasi pendaftaran dapat melalui nomor telepon 0853-9515-5433 atau via Whatsapp 0853-1121-2301.

  • MUH ASRI