BPBD Gowa Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Somba Opu

BERITA.NEWS, Gowa – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa mengevakuasi sejumlah warga terdampak banjir di Kompleks Graha Permai 2 Manggarupi, Kecamatan Somba Opu, Jumat (2/4).

Banjir yang terjadi di lokasi tersebut diakibatkan intensitas hujan yang cukup tinggi sejak dini hari tadi atau mulai pukul 03.00 Wita hingga pagi tadi.

Koordinator Lapangan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Kabupaten Gowa, Fendi mengatakan sejauh ini ada dua Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 6 (enam) orang yang berhasil dievakuasi. Mereka masing-masing Adi Muh Hasan (47), Rahmi (34), Andi Sarana (12), Andi Salwa Salsabila (10), Andi Sultan (4), dan Andi Safira usia 1 tahun.

Baca Juga :  Ilham Azikin Berbicara Penanganan Narkoba di Tengah Pandemi

“Allhamdulilah kita berhasil evakuasi mereka ke tempat yang lebih tinggi, yaitu di rumah keluarga masing-masing,” katanya.

Terkait titik-titik banjir di Kabupaten Gowa, pihak tim tanggap bencana masih sementara melakukan assessment.

“Jadi untuk sementara mereka masih mengungsi di keluarganya. Saat ini kami terus stand by disini membantu warga,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BPBD Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa mengaku pihaknya akan selalu siap setiap saat untuk melakukan penanganan banjir di wilayah Kabupaten Gowa.

Baca Juga :  Permata Sulsel Gandeng YDTI Sosialisasi dan Pendampingan Penderita Kusta

“Kami sendiri sesuai arahan Pak Bupati, kita sudah ada posko. Jadi setiap saat kami stand by 24 jam. Kalau ada kejadian-kejadian kami langsung turun,” terangnya.

Diketahui banjir yang terjadi ini akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Gowa sejak Kamis kemarin (1/4). BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi di wilayah Sulawesi Selatan pesisir barat salah satunya wilayah Kabupaten Gowa selama tiga hari kedepan yaitu 1 hingga 3 April 2021.

  • Putri