Plt Gubernur Sulsel Minta Bupati dan Walikota Awasi Harga dan Stok Pangan

Konferensi Pers High Level Meeting TPID (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Pemprov Sulsel bersama Pemda kabupaten/kota dan Bank Indonesia (BI) menggelar pertemuan tingkat tinggi atau high level meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Sheraton Four Poin, Kamis (1/4/2021).

Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Sulsel Since Erna Lamba mengatakan Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman merekomendasikan beberapa hal dalam pertemuan TPID tersebut.

Salah satunya, meminta kepada Bupati dan Walikota di 24 Kabupaten/Kota turun langsung mengawasi stabilitas harga dan ketersediaan pangan di daerahnya masing- masing. Terlebih jelang hari-hari besar, seperti Ramadan dan Idul Fitri.

Baca Juga :  Pangdam Hasanuddin dan Pemprov Sulsel Siap Terapkan Larangan Jelang Idul Fitri

“Jadi bupati walikota memastikan ketersediaan pasokan di setiap kabupaten kota dan desa bila terdapat kekurangan pangan akan dilakukan kerjasama antar daerah. Jadi daerah yang surplus menyuplai daerah-daerah yang defisit dan dilaporkan ke provinsi,” ucapnya.

Since mengatakan, Plt Gubernur Sulsel juga meminta agar bahan pokok, seperti cabai, gula dan bawan putih menjadi perhatian khusus pemerintah daerah agar ketersediaan tetap terjaga.

“Bupati walikota melakukan pemantauan harga intensif yang khususnya dalam menghadapi hari-hari raya khususnya menjelang Ramadan dan Idul Fitri, nah itu senantiasa melakukan pemantauan harga terutama pada komoditas penyumbang inflasi sehingga gejolak harga ini bisa dikendalikan,” pungkasnya.

Baca Juga :  RSP Otak Nasional Akan Dibangun di Makassar, Anggaran Siap Rp 900 Miliar

“Produsen, distributor, dan agen tetap menjaga ketersediaan kebutuhan pokok secara continue dengan harga yang wajar,” tambahnya.

  • Andi Khaerul