Pemda Luwu akan Wajibkan Mobil Angkutan Singgah di Sentra IKM Barambing

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang.

BERITA.NEWS, Luwu – Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Vocational di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Barambing, Desa Buntu Kunyi, Kecamatan Suli, Kamis (1/4/2021).

Hadir pada acara pembukaan pelatihan, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Rusli Sunali, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sulawesi Selatan Abd Malik Faisal, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ahyar Kasim, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kab Luwu Andi Fatahillah dan Kabag Ekonomi Setda Luwu Hj Irmawati.

Abd Malik Faisal menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sulsel dan menindaklanjuti kunjungan Plt Gubernur Sulsel H Sudirman Sulaiman beberapa hari lalu di Kabupaten Luwu guna mengoptimalisasi pengoperasian IKM Barambing.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program kerja kami, dimana bertujuan untuk memaksimalkan berkembangnya wirausaha di Kabupaten Luwu. Setelah berkunjung di tempat ini, Plt Gubernur juga langsung memberikan instruksi kepada kami untuk memberikan perhatian untuk pengembangan Sentra IKM Barambing,” jelas Abd Malik Faisal.

Baca Juga :  Sambut Bulan Ramadhan, Bupati Luwu Ajak Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Menurut Abd Malik, pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada pelaku usaha dalam meningkatkan usahanya, baik pada produksi, pengolahan, pelayanan dan pemasaran.

“Kami sengaja membawa pemateri yang memang ahli di bidangnya, ada pula konsultan pendamping dari PLUT KUMKM yang akan membahas bagaimana proses produksi dan pengolahan, strategi pemasaran, teknik desain dan teknologi pemasaran serta peningkatan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

“Kedepannya, selain kita memfasilitasi pelaku UMKM dengan perbankan untuk mendapatkan bantuan modal usaha, kita juga nantinya akan memilih beberapa pelaku UMKM di Kabupaten Luwu untuk menjadi pilot project penerapan teknologi transaksi non tunai,” lanjut Abd Malik Faisal.

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang yang membuka acara pelatihan tersebut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan berterima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Sulsel untuk perkembangan dan kemajuan para pelaku UMKM di Kabupaten Luwu sebagai salah satu upaya dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu, saya sangat apresiasi dan berterima kasih atas pelaksanaan pelatihan vocational. Kegiatan ini sangat berarti dalam kondisi sekarang, dimana kita terus melakukan berbagai upaya dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Basmin Mattayang.

Baca Juga :  Satgas PEN Luwu Dampingi 30 Kades Belajar Pengelolaan Bumdes di Klaten

Diungkapkan Bupati Luwu, kunjungan Plt Gubernur Sulsel di Kabupaten Luwu pekan lalu banyak memberikan masukan terkait bagaimana mengoptimalkan pengoperasian Sentra IKM Barambing.

“Saat berkunjung di Sentra IKM Barambing ini, Pak Gubernur memuji potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Luwu, hanya saja menurut Pak Gubernur pengelolaan tempat ini perlu dioptimalkan dan Pemprov Sulsel siap membantu. Atas saran Pak Gubernur juga, insya Allah dalam waktu dekat pemda akan menerbitkan Peraturan Bupati yang mewajibkan mobil-mobil angkutan untuk singgah di tempat ini,” ungkap Basmin Mattayang.

Kepada para pelaku UMKM yang menjadi peserta pelatihan, Bupati meminta agar menyimak materi-materi yang diberikan agar dapat menambah pengetahuan dan keterampilan yang bisa diaplikasikan dalam mengembangkan usahanya.

  • MUH ASRI