Bupati Adnan Dorong Penyusunan RKPD Sesuai Acuan RPJMD

BERITA.NEWS, Gowa – Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 mulai dilakukan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) yang berlangsung di Padi Valley, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Rabu (31/3). Kegiatan ini menghadiri beberapa pihak mulai dari anggota DPRD, pemerintah kecamatan, LSM, dan kelompok masyarakat.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan penyusunan RKPD ini harus sejalan dengan RPJMD atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah empat tahun kedepan. Pasalnya tahun ini Pemkab Gowa juga harus menyusun RPJMD sebagai acuan dalam menjalankan roda pemerintahan selama periode kedua ini.

“Tahun ini salah satu tahun yang penuh kerja keras dalam membuat perencanaan, karena selain menyusun RKPD kita juga harus menyusun RPJMD paling lambat 6 bulan setelah pelantikan,” ungkapnya.

Adnan menjelaskan, RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi kepala daerah terpilih untuk ditetapkan dalam suatu perda dan menjadi acuan pemerintahan sampai dengan tahun 2025. RPJMD tersebut akan menjadi pedoman SKPD lingkup Pemkab Gowa untuk membuat program yang tidak keluar dari RPJMD.

Baca Juga :  Terjadi Lonjakan Kasus Covid, Plt Gubernur Sulsel Ingatkan Disiplin Prokes dan Jaga Imun

“SKPD harus membuat program sesuai dengan RPJMD kita sehingga kedepan target kita jelas setiap tahunnya dan Gowa akan jauh lebih baik dan sejahtera di masa yang akan datang,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Adnan menyampaikan lima fokus programnya bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni pada periode ini khususnya dalam peningkatan SDM yang lebih berkualitas yakni tetap berfokus pada pendidikan, kesehatan, infrastruktur, keagamaan, pertanian/UMKM.

“Kami akan tetap berfokus pada peningkatan SDM tanpa melupakan pembangunan fisik. Seperti pendidikan yang memberikan beasiswa kepada anak-anak di Gowa untuk berkuliah di universitas terbaik Indonesia pada program investasi SDM seperempat abad, pembangunan rumah sakit pratama di Bontonompo, pembangunan rumah tahfidz, Stadion Kale Gowa dan Syekh Yusuf Discovery yang ditargetkan selesai tahun ini dan pemberdayaan UMKM untuk menunjang perekonomian masyarakat terlebih di tengah pandemi Covid-19,” tambah Adnan.

Baca Juga :  Didampingi Plt Gubernur Sulsel, Sandiaga dan Atta Halilintar Sambangi Wisata Alam Rammang-Rammang Maros

Ia berharap, penyusunan RKPD ini harus betul-betul berfokus pada visi misi yang ada yang berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gowa.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan pelaksanaan Musrenbang ini bertujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan.

“Termasuk pula prioritas dan sasaran pembangunan daerah, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah,” katanya.

Kegiatan ini diikuti 150 peserta dan 350 secara virtual dari berbagai pemangku kepentingan seperti tim delegasi kepentingan, DPRD, organisasi profesi, LSM, organisasi perempuan, organisasi masyarakat dan organisasi pemuda.

Putri