Plt Gubernur Perintahkan Dinsos Sulsel Bantu Korban Puting Beliung di Sidrap

Penyerahan bantuan sosial Pemprov ke korban angin puting beliung di Sidrap. (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Sidrap – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kembali memperlihatkan respon cepatnya, turunkan tim bantu korban cuaca ekstrim angin puting beliung di Kabupaten Sidrap.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel Hasan Basri Ambarala mengaku dirinya langsung turun ke lokasi usai menerima instruksi Plt Gubernur, dengan membawa bantuan bagi korban terdampak di 2 kecamatan yakni, Dua Pitue dan Pitu Riawa.

“Dimana ada bencana dalam skala tertentu sosial care harus hadir. Apalagi perintah atasan tidak boleh ditawar dan memang menyangkut orang banyak disitulah kita harus hadir oleh karenanya kita kirim pasokan bantuan makanan perlengkapan bayi dan selimut,” ucapnya, Minggu (28/3/2021).

Baca Juga :  PAD Pariwisata Sinjai Menjanjikan, Kadis Disparbud: Manfaatkan Teknologi untuk Promosi

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Herman mengatakan beberapa item bantuan ia siapkan, diserahkan kepada pemerintah setempat untuk dibagi kepada masyarakat terdampak.

“Bantuan baperstrok yang kita berikan ke korban bencana alam puting beliung di Kabupaten Sidrap diberikan untuk meringankan beban saudara kita yang terdampak ini. Jadi tadi itu istilah-istilah kebutuhan dasar korban. Ada selimut dan makanan siap saji,” ujarnya.

Herman mengatakan tugas Provinsi sebagai supporting kepada pemerintah daerah dalam hal ini bencana di Sidrap. Apabila tidak bisa lagi melakukan penanganan bencana.

Baca Juga :  Abaikan Jam Operasional, Toko di Tulungagung Terancam Dicabut Ijinnya

“Walaupun kami anggap bencana ini bisa diatasi Kabupaten Sidrap, karena ini perintah Plt Gubernur Provinsi harus hadir di tengah masyarakat terdampak bencana tidak lagi melihat berapa banyak korban tapi harus hadir di tengah mereka,” tegasnya.

Adapun bantuan yang diberikan berupa peralatan dapur, kasur, makan siap saji, terpal, selimut, tenda gunung, handsanitizer dan masker, serta makanan anak.

  • Andi Khaerul