Plt Gubernur Sulsel Minta Masyarakat, Restoran, Pakai Garam Asli Jeneponto

BERITA.NEWS, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengajak masyarakat dan pemerintah kabupaten dan kota dukung petani garam tradisional atau ce’la di Jeneponto. Jumat (26/3/2021).

Andi Sudirman mengatakan Jeneponto merupakan daerah penghasil garam terbesar di Sulsel. Para petani ce’la tersebut paling banyak di empat kecamatan yakni, Bangkala, Bangkala Barat, Arungkeke, dan Tamalatea.

“Garam di Jeneponto adalah salah satu produksi lokal dari Sulawesi Selatan yang perlu kita kembangkan. Ini juga sebagai bentuk dukungan kepada usaha lokal. Mariki nganre ce’la (ayo konsumsi garam) Jeneponto,” ucapnya.

Baca Juga :  6.546 Rumah Warga Kabupaten Kupang Rusak Diterjang Seroja

Ia mengajak, masyarakat di Sulsel agar mengoptimalkan penggunaan bumbu dapur produksi petani Jeneponto ini. Termasuk di restoran atau rumah makan.

“Saya mengajak kita untuk mengoptimalkan penggunaan garam Jeneponto. Garam Jeneponto kearifan lokal untuk dicintai. Biarkan garam-garam Jeneponto masuk ke dapur-dapur rumah kita, restoran serta UMKM,” pintanya.

Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2015, Jeneponto peringkat 14 sebagai daerah produsen garam terbesar di nusantara. Pembuatan garam di Jeneponto terpusat pada empat kecamatan. Yaitu, Kecamatan Bangkala, Bangkala Barat, Arungkeke, dan Tamalatea.

Baca Juga :  Wabup Sinjai Tanam Pohon di Halaman Masjid, Ini Pesannya

Andi Khaerul