Jawab Tudingan Walikota, Dispora Sulsel Kebut IMB dan Andalalin Stadion Mattoangin

Kadispora Sulsel Andi Arwien Asiz (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam hal ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) memasuki tahapan pembangunan Stadion Mattoanging masih terus berjalan.

Kepala Dispora Sulsel Andi Arwien Asiz mengatakan tahapan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sempat diprotes telah selesai dan segera akan diajukan ke Pemkot Makassar, melalui DPM-PTSP Sulsel pekan depan.

“Pengajuan IMB kan yang diusulkan gambar, dan beberapa berkas lainnya. Saya mau kirim ini IMB minggu depan. Saya paksa cepat prosesnya. Supaya kita tahu respons dari pemerintah kota seperti apa,” tegas Arwien. Jumat (26/3/2021).

Baca Juga :  Pangdam Hasanuddin dan Pemprov Sulsel Siap Terapkan Larangan Jelang Idul Fitri

Menurutnya, saat ini tengah menunggu hasil lelang pengawasan manajemen konstruksi (MK) dengan anggaran Rp30 miliar lebih. Ia memastikan seluruh tahapan yang dilalui telah sesuai aturan.
Khusus dokumen andalalin rencananya bakal dikaji ulang.

“Andalalin yang keluar sebelumnya masih berpedoman pada pra-desain yang kapasitas stadion saat itu belum 40.000 penonton. Makanya kita kaji ulang, sementara jalan bersama Dinas Perhubungan Kota Makassar,” ujarnya.

Selain itu, Arwin membantah tuduhan Walikota Makassar Dany Pomanto menilai pembangunan Stadion Mattoanging melanggar aturan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), kawasan tersebut seharusnya dialihfungsikan menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

Baca Juga :  Gempa M 5,5 Guncang Aceh, Warga Berhamburan Keluar Rumah

“Namun itu semua bagian dari dinamika dalam pembangunan, yang penting semua tahapan senantiasa berpedoman dengan aturan,” pungkasnya.

Andi Khaerul