Secara Virtual, Bupati Bantaeng Hadiri Kegiatan Verifikasi Lapangan APE

BERITA.NEWS, Bantaeng – Salah satu yang menjadi konsen Pemerintah Daerah tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat Kabupaten, adalah Pengarusutamaan Gender (PUG) yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari visi misi dan arah pergerakan Presiden RI. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin pada kegiatan Verifikasi Lapangan dalam rangka Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, yang dilaksanakan secara virtual, di Ruang Rapat Wakil Bupati Bantaeng, Selasa (23/3)

Pada kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bupati dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemerintah Kab. Bantaeng senantiasa berupaya dan berkomitmen untuk mendorong percepatan pengarusutamaan gender.

“Komitmen kami akan peningkatan derajat hidup kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak Kab. Bantaeng. Setiap tahun kami mencoba melahirkan aktivitas dan inovasi yang semoga bermanfaat, yang berpihak pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kami juga mengharapkan arahan dan bimbingan dari Pemerintah Pusat agar upaya dan kerja keras di Bantaeng mendapatkan dukungan dan apresiasi”, kata Bupati.

Baca Juga :  Aliansi Pemuda-Pemudi Simpasai Bantu Korban Banjir Kabupaten Bima

Bupati juga menambahkan bahwa Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Kab.Bantaeng pada tahun 2019 berada pada urutan ke-3 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan berada di atas rata-rata tingkat Nasional.

Sementara itu, Deputi Bidang Kesetaraan Gender KPPPA, Agustina, mengatakan bahwa dari berbagai data, bagi dari aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi, laki-laki masih jauh diatas perempuan. “IPG masih menjadi indikator keberhasilan capaian kualitas pembangunan hidup manusia. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan”, ujarnya.

Baca Juga :  Ditinggal Sang Istri, Pria ini Nekat Minum Obat Nyamuk

Verifikasi lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan data lebih dalam, serta informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi, sehingga verifikator mendapatkan data yang lengkap dan komperhensif sebagai dasar pertimbangan dalam nominasi calon penerima penghargaan APE.

Turut hadir pada kesempatan itu, antara lain Kepala Bappeda Bantaeng, Muh. Dimiati Nongpa, Anggota DPRD Bantaeng, Herlina Aris, para Asisten, serta para Kepala SKPd lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.