Bantaeng Lindungi Lansia dengan Program Rantang Lansia

BERITA.NEWS, Bantaeng – Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, Ketua TP PKK Bantaeng, Sri Dewi Yanti dan Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng menghadiri Rantang Lansia di Posyandu Mujur Lembang – Lembang, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Selasa (23/3).

Kegiatan itu diselenggarakan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bekerjasama dengan TP PKK dan Dinas Kesehatan Bantaeng.

Sekedar diketahui, kegiatan itu diperuntukkan bagi Lansia prasejahtera agar mampu menjalani masa tuanya dengan baik.

Selain itu, Rantang Lansia MRI akan terus bergerak setiap bulannya dan berpindah – pindah guna membantu para Lansia di Kabupaten Bantaeng.

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin pada kesempatan itu mengatakan kegiatan itu menunjukkan adanya sinergitas antara pemerintah dan lembaga dalam memberikan kepedulian kepada masyarakat yang ada di Bantaeng.

“Mudah – mudahan kegiatan ini memotivasi bagi organisasi dan lembaga yang lain dalam proses pelaksanaan pembangunan daerah. Khususnya dalam meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat melalui program – program yang memperlihatkan kepedulian kita antar sesama,” kata Bupati bergelar doktor ilmu pemerintahan itu.

Baca Juga :  Badai Seroja di Kabupaten Kupang: 12 Korban Meninggal, Tiga Hilang

Peningkatan kualitas lingkungan, baik sanitasi dan kesehatan kata dia tentu pemerintah membutuhkan kerjasama. Kegiatan itu juga menjadi ruang ibadah untuk semua, kalau pemerintah saja yang melaksanakan tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kalau ada lembaga atau organisasi menjadi proses – proses dari bagian peningkatan kesejahteraan peningkatan derajat kesehatan maka itulah pencerminan bahwa dalam suatu daerah ada dinamisasi dan sinergitas,” kata dia.

Makin banyak yang terlibat, makin banyak lembaga yang peduli antar sesama maka itulah pencerminan daerah yang kita harapkan terpelihara. Ada nilai silaturahmi dan nilai ibadah dalam setiap kegiatan seperti ini.

Dia juga mengajak semua pihak untuk membangun kepedulian di tempat – tempat yang lain. Dia ingin masyarakat Bantaeng sejahtera yang berangkat dari derajat kesehatan dan sanitasi yang baik.

Baca Juga :  6.546 Rumah Warga Kabupaten Kupang Rusak Diterjang Seroja

Selain itu, dia berharap masyarakat untuk membangun dan memelihara kepedulian kepada sesama. Ilham Syah Azikin meminta masyarakat agar ketika ada yang mengalami kesusahan untuk tidak sungkan melaporkan kepada pemerintah.

“Sampaikan kepada pak RW, pak lurah, pak camat dan kepada saya kalau ada warga yang mengalami kesusahan,” kata dia.

Setelah itu, diserahkan bingkisan dan berupa uang tunai kepada para lansia di kampung itu. Bupati Bantaeng juga berkeliling melihat kondisi masyarakatnya di Lembang – Lembang.

Satu – persatu dia mengingatkan kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan saling menjaga kepada sesama. (*)