TP PKK Luwu Gelar Pelatihan Qori dan Qoriah Tingkat Remaja

BERITA.NEWS, Luwu – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Luwu menyelenggarakan pelatihan qori dan qoriah tingkat remaja dengan mengangkat tema “Mari Wujudkan Masyarakat Luwu Yang Qur’ani”.

Acara pembukaan dilaksanakan di Masjid Nurul Ikhlash, Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa, Senin (22/3/2021).

Dihadiri oleh Camat Belopa Makkawaru Mattayang, Kabag Kesra H Muhammad, para Kepala Desa se-Kecamatan Belopa dan pengurus TP PKK Luwu.

Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Basmin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda dari Kelompok Kerja (Pokja) I TP PKK Kab Luwu yang memiliki orientasi pada pembinaan keagamaan.

“Sudah menjadi tugas kita semua, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi tanggung jawab kita semua untuk melahirkan generasi-generasi yang memahami dan mampu membaca Al-quran. Ini adalah bagian dari 10 program pokok PKK yang berada pada Pokja I,” kata Hj Hayarna.

Hj Hayarna mengibaratkan, bahwa generasi muda itu bagaikan tanaman yang perlu terus diperhatikan tumbuh kembangnya, perlu terus disiram, dan dipupuk.

Baca Juga :  Stok Bahan Pangan di Luwu Aman Selama Ramadhan, Harga Stabil

“Anak-anak generasi muda itu perlu terus mendapat bimbingan, perlu dibina agar tumbuhnya menjadi generasi yang baik, sukses dan berprestasi. Tujuan jangka panjang dari pelatihan qori dan qoriah ini, kita berharap anak-anak didik kita bisa mewakili Kabupaten Luwu pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an, baik itu pada tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan bahkan sampai tingkat internasional,” lanjut Hayarna Basmin.

Senada dengan Ketua TP PKK, Camat Belopa Makkawaru Mattayang juga sangat mendukung kegiatan tersebut dan mengharapkan membina generasi muda diawali dari lingkungan keluarga sendiri.

“Berdasarkan ajaran agama Islam, membina dan membimbing anak-anak itu adalah menjadi tanggung jawab orang tua dan harus dimulai dari lingkungan keluarga sendiri. Saya sangat mengapresiasi dan siap mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Harapan kita agar anak-anak bukan hanya mampu membaca Al-quran tapi juga mampu memahami tajwid, tilawah, fashohah, serta suara dan lagu,” jelas Makkawaru.

Baca Juga :  Bupati Luwu Serahkan LKPJ 2020 ke DPRD

Pelatihan qori dan qoriah yang dimulai pada hari ini dibagi atas beberapa wilayah, dimana wilayah Kecamatan Belopa, Belopa Utara, Suli, Suli barat akan dipandu oleh Ustadz Sudirman Laku.

Untuk wilayah Kecamatan Larompong, Larompong Selatan, Kamanre, Ponrang dan Ponrang Selatan dipandu oleh Ustadzah Hj Hijrah Hasan.

Wilayah Kecamatan Bajo, Bajo Barat dan Latimojong oleh Ustadz Nasrullah.

Wilayah Kecamatan Bua, Bastem, Bastem Utara dan Bua dipandu oleh ustadz Ma’ruf. Dan wilayah Walmas akan dipandu oleh Ustadz Abdullah Mana dan Ustadzah Murniati.

  • MUH ASRI