Daud Mustakim: Perawat Indonesia di Garis Terdepan Penanganan Covid-19

Direktur Rumah Sakit Batara Guru, dr Daud Mustakim.

BERITA.NEWS, Luwu – Para perawat di Indonesia baru saja merayakan Hari Perawat Nasional yang jatuh setiap tanggal 17 Maret. Di mana pada tahun 2021 ini, perawat di tanah air tengah berjuang menjadi garda terdepan di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

Berbagai ucapan untuk merayakan hari spesial tersebut juga turut berdatangan dari sejumlah tokoh, salah satunya Direktur Rumah Sakit Batara Guru, dr Daud Mustakim.

Menurutnya, para perawat berada di garis terdepan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga :  Stok Bahan Pangan di Luwu Aman Selama Ramadhan, Harga Stabil

“Sudah setahun lamanya para perawat Indonesia di garis terdepan mengasuh dan melayani pasien-pasien Covid-19 di pusat-pusat layanan kesehatan negeri ini. Mereka tersenyum di balik masker, berbicara lembut, dan tangguh mengemban amanah profesi. Terima kasih para perawat Indonesia. Terima kasih perawat se-Kabupaten Luwu,” kata Daud Mustakim, Rabu (17 Maret 2021).

Dalam sejarahnya, Hari Perawat Nasional dirayakan setiap tanggal 17 Maret. Peringatan tersebut diambil dari terbentuknya organisasi profesi perawat bernama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). PPNI sendiri pertama kali didirikan pada 17 Maret 1974.

Baca Juga :  Stok Bahan Pangan di Luwu Aman Selama Ramadhan, Harga Stabil

Sebelum PPNI terbentuk, Indonesia sudah memiliki sejumlah organisasi perawat. Antara lain seperti Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), Perkumpulan Kaum Verpleger foster Indonesia (PKVI), hingga Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

  • MUH ASRI