Jokowi Resmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa, Bisa Atasi Banjir Saat Musim Penghujan

BERITA.NEWS,Makassar – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman meresmikan kolam regulasi Nipa-nipa yang terletak di Kabupaten Gowa, Kamis (18/3/2021).

Jokowi mengatakan dioperasikannya kolam regulasi ini diharapkan mampu meminimalisir banjir di tiga daerah di Sulsel, seperti di Makassar, Gowa dan Maros.

“Hari ini kita resmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa, ini adalah kolam pengaturan air banjir dan genangan di Makassar. Lokasi kolam ini ada di tiga wilayah di Maros, Makassar dan di Gowa. Tapi banyak fungsinya di Kota Makassar,” ucapnya.

Adapun anggaran penyelesaian proyek tersebut menghabiskan APBN sebesar Rp320 miliar. Kolam ini dipercaya bisa menampung air hingga 2,7 juta meter kubik. Bisa mengatasi luapan air saat curah hujan tinggi.

Baca Juga :  Pelarangan Mudik Serentak Tanggal 6-17 Mei, Wilayah Mamminasata Diperketat

“Kolam regulasi ini mencakup lahan seluas 83 hektar, memang luas sekali. Dengan volume tampung hingga 2,7 juta meter kubik air ini bisa mengurangi banjir hingga 45 persen. Memang ini sangat berguna sekali, meski nanti akan ada lagi kolam regulasi atau waduk yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, berkat kolam regulasi Nipa-Nipa ini berhasil mereduksi banjir hingga 1000 hektar lahan di Makassar.

“Kedatangan presiden ini ditunggu-tunggu, alhamdulliah kami melihat pembangunan yang sangat signifikan. Alhamdulliah kita bisa mereduksi genangan dan banjir di Kota Makassar dan sekitarnya hingga 1000 hektar lahan, alhamdulillah,” ujar Andi Sudirman.

Baca Juga :  Pangdam Hasanuddin dan Pemprov Sulsel Siap Terapkan Larangan Jelang Idul Fitri

Selain itu, Andi Sudirman menyampaikan masyarakat selalu merasakan banjir tiap tahunnya saat musim penghujan tiba. Olehnya itu, kolam ini diharapakan bisa menampung luapan air.

“Saya sendiri hampir tiga tahun menjabat sebagai wakil gubernur, setiap tahun saya pergi naik perahu karet untuk meninjau genangan di Makassar,” pungkasnya.

  • Andi Khaerul