Akhir 2021, Kereta Api Rute Tanete Rilau-Palanro Siap Beroperasi

Stasiun Kereta Api di Tanete Rilau (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Sebentar lagi, Sulawesi Selatan akan dilintasi kereta api. Untuk tahap awal, akan beroperasi rute Stasiun Tanete Rilau menuju Palanro di Kabupaten Barru pada akhir tahun atau Desember 2021 mendatang setelah proyek rel untuk jalur ini rampung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel Muhammad Arafah mengatakan tahap pembangunan rel jalur Tanete Rilau – Palanro hampir rampung, sehingga diproyeksikan untuk beroperasi tahun ini.

“Tahun ini juga di akhir (Desember) ada kereta api yang beroperasi dari Stasiun Tanete Rilau (Barru) ke Stasiun Palanro. Kemudian ada nanti (rute) Pangkep-Mandai,” ucapnya saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel. Rabu (17/3/2021).

Baca Juga :  Plt Gubernur Andi Sudirman Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah Mantan Sekprov Sulsel

Lebih lanjut, Arafah mengatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga sudah menginstruksikan supaya semua pihak yang terlibat dalam proyek kereta api ini mengedepankan kekompakan.

“Semua harus kompak mendorong untuk percepatan. Semua sepakat mensukseskan PSN (Proyek Strategis Nasional) ini. Tahun depan itu Bosowa-Garongkong, kemudian tahun 2023 Mandai – Makassar,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku akan melaporkan progres dan kendala proyek kereta api Makassar-Parepare kepada Presiden Jokowi saat kunjungan besok Kamis 18 Maret 2021.

Baca Juga :  Andi Sudirman Minta Bupati Selesaikan Masalah Pembebasan Lahan Kereta Api

“Iya kami akan laporkan juga termasuk program strategis kita. Yang ini (kereta api) sudah ada titik terang, paling tidak kita sudah bisa kejar-kejaran dengan pekerjaan pembebasan lahan,” pungkasnya.

Diketahui, jalur kereta api Stasiun Tanete Rilau – Palanro (Barru) memiliki panjang 43 Kilometer (km). Akan beroperasi melayani logistik dan penumpang.

  • Andi Khaerul