Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik, Wabup Barru Aska Mappe: Akan Diterapkan

Wakil Bupati Barru Kompol (Purn) Aska Mappe, SH

BERITA.NEWS, Barru – Pemerintah Kabuapten (Pemkab) Barru, Sulawesi Selatan, menghadirkan Badan Siber dan Sandi Nasional dalam rangka sosialisasi penerapan tanda tangan elektronik ke jajaran Pemkab Barru.

Sosialisasi ini dilakukan melalui virtual di Ruang Barru Smart Information Center (Basic), Selasa (16/3/2021) dan dipimpin Wakil Bupati Barru Kompol (Purn) Aska Mappe, SH. Turut hadir Kadis Kominfo Syamsuddin, S.IP, M.Si dan Kadis Penanaman Modal PTSP&TK Syamsir, S.IP, M.Si., serta diikuti oleh OPD di tempat masing-masing.

“Ya, kita sosialisasikan, karena Insya Allah akan kita terapkan tanda tangan elektronik ini untuk memudahkan sistem administrasi dan pelayanan,” kata Wakil Bupati Barru Aska Mappe.

Wabup berharap, dalam waktu dekat, identifikasi terhadap dokumen tertentu seperti surat biasa, pengumuman, edaran, atau lainnya serta yang memenuhi syarat seperti bersifat tidak rahasia atau tidak berdampak signifikan pada pertanggungjawaban keuangan, dapat menggunakan tanda tangan elektronik.

“Selain itu, ini akan mempermudah kita dalam penandatanganan dan pengesahan izin atau dokumen layanan lain, sebab dapat dilegalisir dimanapun dan kapanpun,” tambah Aska Mappe, yang mantan Perwira Menengah Kepolisian ini.

Dia juga banyak menekankan pemahaman para pejabat daerah untuk nantinya mencermati dan memisahkan dokumen dari aspek keamanan dan kerahasiaan dokumen, agar terjamin.

Sementara Kadis Kominfo Syamsuddin menjelaskan, pihaknya ada arahan menggunakan teknologi aplikasi dari Badan Siber dan Sandi Nasional.

“Nanti kita tindaklanjuti dengan melakukan penilaian SKPD dan jenis surat apa saja yang memungkinkan dielektronikkan,” ujar Syamsuddin.

Mantan Sekretaris Bapenda Barru ini juga akan berkoordinasi lebih lanjut dengan SKPD untuk sistem aplikasi yang digunakan termasuk penginputan tanda tangan elektronik serta nomor ponsel yang dijadikan verifikasi dua langkah dalam sistem ini.

Saat sosialisasi ini, tampil narasumber secara virtual dari Badan Siber dan Sandi Negara RI (BSSN RI) Prasetiawan yang menjabarkan mengenai mekanisme penggunaan dan manfaat tanda tangan elektronik di era digital saat ini.

“Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang hanya dapat dibuat secara elektronik, serta dapat digunakan untuk membuktikan keaslian suatu dokumen secara digital. Tanda tangan elektronik ini tidak mudah untuk diubah, karena dipastikan akan ketahuan melalui sistem,” jelas Prasetiawan.

Ia mengungkapkan bahwa peletakan tanda tangan elektronik yang nantinya disertai barcode khusus dan menggunakan aplikasi tertentu akan memudahkan pelayanan publik.

  • MAULANA KARIM