Pelatihan Dasar CPNS 2019, Basmin Mattayang: ASN Jangan Jual Mahal Kalau Ada Tamu

BERITA.NEWS, Luwu – Pemerintah Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan memberi pelatihan dasar CPNS formasi tahun 2019 di Aula Bappeda Luwu hari ini, Senin (15/3/2021).

Kepala BPSDM Provinisi Sulawesi Selatan Asri Sahrun Sahid dan Bupati Luwu Basmin Mattayang, serta Sekda Luwu Sulaiman hadir dalam pembukaan tersebut.

Basmin Mattayang dalam sambutannya menekankan kepada 179 CPNS yang hadir untuk memperhatikan karakter dalam melaksanakan tugas nantinya.

“Sebagai ASN harus mempersiapkan 3 hal, yaitu kompetensi, harus memiliki kepekaan sosial, yang paling penting adalah karakter, karena itu akan menjadi penguatan saudara dalam menjalankan tugas pelayanan nantinya,” kata Basmin.

Ia juga meminta agar CPNS yang hadir harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.

Baca Juga :  Pulihkan Ekonomi, Satgas PEN Luwu Studi Tiru ke Sleman

ASN disebutnya sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, sehingga dapat dijadikan panutan oleh masyarakat.

“Kita berharap pelatihan ini menghasilkan kader yang visioner, dan punya pegawai itu diberi mandat oleh negara untuk melayani masyarakat, sebagai public service. Saya tidak mau pegawai negeri jual mahal kalau ada tamu yang datang,” harapnya.

Kepala BPSDM Provinisi Sulawesi Selatan Asri Sahrun Sahid dalam arahannya meminta kepada peserta untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan memperhatikan kedisiplinan.

“Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini di Kabupaten Luwu, kita berharap pelaksanaanya bisa berjalan lancar dan baik. Kuncinya adalah disiplin, kiranya panitia betul-betul memperhatikan ini, karena ini kaitannya dengan pembentukan karakter,” kata mantan Bupati Toraja itu.

Baca Juga :  Satlantas Polres Luwu dan Mahasiswa KKLP STISIP Veteran Palopo Bagi-bagi Masker

Ia juga menyampaikan kepada peserta pelatihan untuk banyak mencontoh Bupati Basmin dalam menyelenggarakan pemerintahan. Pasalnya kemajuan di Luwu tidak lepas dari kerja keras di bawah kepemimpinam Basmin Mattayang.

“Jika ada kemajuan di Luwu, itu tidak lepas dari kerja keras beliau. Beliau paling intens melakukan komunikasi dengan kami di Pemprov Sulsel,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut digelar hingga 7 Agustus mendatang, diikuti 179 CPNS. 35 dari unsur tenaga medis, 103 orang tenaga pendidik, dan 43 orang bagian teknis.

  • MUH ASRI