Bupati Barru Suardi Saleh Paparkan Tuntas Perencanaan Pembangunan Lima Tahun ke Depan

BERITA.NEWS, Barru – Bupati Barru Ir H Suardi Saleh MSi memimpin langsung Konsultasi Publik Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Barru Tahun 2021-2026.

Bupati dengan gamblang memaparkan pandangannya tentang arah perencanaan pembangunan Kabupaten Barru lima tahun ke depan.

Kegiatan yang dihadiri semua pejabat OPD dan perwakilan elemen masyarakat guna menelaah dan menjadi penyokong terselenggaranya tujuan bersama, dilangsungkan di Ruang Pertemuan Bappeda Barru, Senin (15/3/2021) pagi tadi.

“Proses ini menandai periode pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Barru tahun 2016 – 2021 telah berakhir, dan periode pembangunan daerah Kabupaten Barru berikutnya adalah tahun 2021 – 2026. RPJMD adalah perencanaan pembangunan jangka menengah daerah selama 5 tahun yang merupakan penjabaran dari visi, misi kepala daerah,” jelas Suardi Saleh.

Mantan Kepala Bappeda Pinrang ini kemudian dengan lugas menarasikan visi misi daerah yang akan disinkronkan dengan kebijakan yang bersumber dari komitmen politik sesuai janji kampanye Pemilukada kemarin.

Ia menjelaskan semua perencanaan pembangunan dengan fasih, terstruktur, sistematis dan tuntas yang disaksikan Wakil Bupati Kompol (Purn) Aska Mappe SH, Sekretaris Daerah Dr Ir Abustan MSi, dan Plt Kepala Bappeda Umar SKM MKes.

Kegiatan ini juga menghadirkan seluruh pejabat pimpinan tinggi di seluruh perangkat daerah selaku stakeholder.

Hadir pula unsur dari DPRD Barru dan tokoh masyarakat, media, LSM, dan lainnya.

“Perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan mempertimbangkan sumberdaya yang tersedia,” sebut Suardi Saleh sebelum menyampaikan visi misi yang akan dilegalisasikan dalam Perda RPJMD 2021-2026 nantinya.

Adapun visi pembangunan daerah Kabupaten Barru untuk periode RPJMD 2021 – 2026 adalah “Kabupaten Barru Yang Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan dan Bernafaskan Keagamaan”.

Berikut ini 7 misi dari Pemerintah Kabupaten Barru;
1. Mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan dasar lainnya;
2. Menciptakan lingkungan yang kondusif serta pengembangan dan penguatan seni budaya lokal;
3. Meningkatkan pemerataan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan
ekonomi melalui pemanfaatan sumberdaya lokal;
4. Meningkatkan daya saing menuju kemandirian ekonomi daerah yang berkualitas dan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan;
5. Mewujudkan pemerataan pendapatan, pembangunan antarwilayah dan penanggulangan
kemiskinan;
6. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance) serta layanan publik yang akuntabel berbasis teknologi informasi;
7. Mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

  • MAULANA KARIM

Comment