Mulai Besok, Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Sasar Pelayan Publik di Luwu

BERITA.NEWS, Luwu – Satuan Tugas Percepatan Penanganan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menggelar sosialisasi pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Aula Polres Luwu, Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa, Senin (8/3/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua direncanakan akan dimulai hari Selasa besok (9/3/2021) dengan menyasar sektor pelayanan publik, seperti TNI, Polri, ASN, dan karyawan BUMN.

Menurut Kapolres Luwu selaku Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19, AKBP Fajar Dani Susanto mengatakan bahwa untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Kabupaten Luwu telah menerima vaksin sebanyak 2.100 dosis.

“Jumlah petugas pelayan publik yang telah terdata sebanyak 7.979 orang, sementara jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Luwu untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bagi pelayan publik baru 2.100 dosis. Oleh karena itu, mulai besok kita akan memulai vaksinasi tahap kedua, mari kita optimalkan dan sukseskan pelaksanaannya,” kata AKBP Fajar Dani Susanto.

Kapolres Luwu juga memberikan motivasi kepada calon penerima vaksin covid-19, yakni TNI, Polri, ASN dan karyawan BUMN, agar dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi.

“Saya ini sudah dua kali divaksin bersama para tenaga kesehatan, tidak ada efek samping yang saya rasakan. Jadi saya harap kepada calon penerima vaksin tidak usah takut dan stress untuk divaksin. Mari kita selalu berdoa agar bentuk dari ikhtiar kita ini diberkahi dan semoga Covid-19 segera berakhir,” lanjut AKBP Fajar Dani Susanto.

Baca Juga :  PSC 119 Luwu Baksos dan Sunatan Massal di Kecamatan Suli Barat

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Luwu dr Rosnawary Basir dalam pemaparannya mengatakan bahwa saat ini kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Luwu berjumlah 643 orang dengan angka kematian telah mencapai 19 orang.

“Data ini adalah gambaran bahwa Covid-19 ada dan tidak boleh diremehkan karena telah merenggut nyawa masyarakat Kabupaten Luwu. Melalui Satgas Penanganan Covid-19 kita terus melakukan berbagai upaya dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19,” ungkap dr Rosnawary Basir.

Pada pertengahan Februari 2021, Dinas Kesehatan telah melakukan vaksinasi tahap pertama dengan sasarannya adalah tenaga kesehatan yang bekerja pada fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Luwu.

“Pada vaksinasi tahap pertama, kita telah mencapai 93 persen dan semoga dalam waktu dekat bisa mencapai 100 persen. Sosialisasi vaksinasi tahap kedua ini sengaja kita undang unsur TNI, Polri, para Kepala OPD, Kepala Bagian Sekretariat Pemda Luwu dan karyawan BUMN untuk diberi pemahaman tentang pentingnya upaya vaksinasi ini bagi pelayan publik. Kita berharap pelaksanaannya bisa berlangsung aman dan lancar agar bisa memenuhi target,” jelas Rosnawary.

Baca Juga :  Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2021, Bupati Luwu Berharap Putus Mata Rantai Covid-19

Sosialisasi ini juga membahas Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI) yang dibawakan oleh dr Mahirina Marjani Sp.A, Usai pemberian vaksin, beberapa orang biasanya akan mengalami reaksi tertentu. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya efek samping serius, orang yang sudah divaksinasi disarankan untuk tidak langsung kembali ke rumah atau beraktivitas. Mereka harus menunggu minimal selama 30 menit.

Jadwal pelaksanaan vaksinasi bagi pelayan publik antara lain, tanggal 9, 10 dan 12 Maret 2021 bagi TNI dan Polri. Sekretariat Pemda Luwu dan Sekretariat DPRD pada tanggal 15-16 Maret 2021, tanggal 17 Maret 2021 giliran BKPSDM, Kesbangpol dan BPBD, tanggal 18 Maret 2021 untuk Bapenda serta BPKD pada 19 Maret 2021.

Untuk Jadwal lengkap vaksinasi, Satgas Covid-19 Luwu akan mengirimkannya ke instansi masing-masing.

Hadir dalam sosialisasi, Pj Sekda Luwu, Wakil Ketua II DPRD Luwu, Ketua Pengadilan Agama Belopa, Dandramil Belopa, Para kepala OPD, Camat, dan Kepala Bagian Sekretariat Pemda Luwu.

– MUH ASRI