Delegasi Pemkab Polman Kagumi MPP Barru

BERITA.NEWS, Barru – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru Sulawesi Selatan kembali menerima kunjungan kerja dari daerah lain. Kali ini dari Pemkab Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, Kamis (4/3/2021) siang tadi.

Kunjungan mereka terkait pengelolaan Mal Pelayanan Publik.

Jumat pekan lalu, Pemkab Barru juga menerima kunjungan kerja dari DPMPTSP Kabupaten Bone.

Belakangan ini, Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga Pemda Barru yang terletak di lingkungan Kantor Bupati Barru terus menjadi rujukan bagi sejumlah daerah yang ingin membangun MPP.

Memang, pelayanan publik dengan skenario menyatukan semua meja dalam satu gedung serupa mal, membuat kemudahan dan kelancaran pengurusan administrasi layanan publik. Apalagi, MPP Masiga Pemda Barru didesain dengan apik dan modern, dilengkapi sistem teknologi informasi serta pengorganisasian yang terus disempurnakan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja, Syamsir S.IP, M.Si selaku penanggung jawab MPP, menerima dan melayani tamu kehormatan daerah ini.

“Sahabat kita dari Polman ingin mengembangkan Mal Pelayanan Publik di daerahnya, tadi sudah melihat dan banyak berdiskusi terkait regulasi dan SOP di MPP Masiga,” sebut Syamsir.

Menurutnya, delegasi Pemda Polman meminta pihaknya untuk terus berbagi pengalaman dan pengetahuan sampai MPP Polman dapat operasional.

“Insya Allah, kita siap membantu sharing informasi untuk pengembangan MPP di Polman yang saat ini masih dalam tahap perencanaan pembangunan,” ujar alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini.

Delegasi dari Polman ini dipimpin oleh Kepala DPM PTSP Polewali Mandar Andi Masri Masdar, S.Sos, M.Si dan didampingi kepala bidang, kasubid dan staf.

Kehadiran DPMPTSP Polman ke MPP Masiga Barru berdasarkan rujukan dan masukan atau rekomendasi dari Kemenpan-RB.

“Saat ini Kabupaten Polman sudah ada MPP, namun masih terbatas instansi yang bergabung karena keterbatasan gedung. Oleh sebab itu, di tahun 2021 akan dibangun yang lebih representatif untuk sebuah gedung MPP,” ujar Andi Masri Masdar.

Kadis Perijinan Polman ini mengaku datang ke Barru atas rekomendasi Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi.

Dia pun mengungkapkan apresiasi dan kekagumannya terhadap Pemkab Barru.

Dia juga berterima kasih atas kesediaan Pemda Barru menerima kunjungan mereka untuk saling sharing ilmu guna menyempurnakan MPP Polman nantinya.

Kunjungan kemudian ditutup dengan tukar menukar cinderamata sebagai simbol persahabatan kedua daerah yang berlainan provinsi ini.

  • MAULANA KARIM