BBPSDMP Komunikasi dan Informatika Makassar Kunjungi DKISP Luwu

BERITA.NEWS, Luwu – Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Komunikasi dan Informatika Makassar, Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Luwu, Kamis (4/3/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka penelitian kebutuhan pengembangan kompetensi digital SDM Humas dan Kominfo di setiap pemerintah daerah dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut Emilsyah Nur, salah seorang Peneliti Madya BBPSDMP Kominfo Makassar, penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data menyangkut sejauh mana kompetensi digital SDM serta pengembangan kompetensi digital public relation dalam wilayah kerja BBPSDMP Kominfo Makassar.

β€œSalah satu garda terdepan untuk menyebarluaskan informasi publik ke masyarakat adalah humas dan kominfo di setiap pemerintah daerah,” katanya.

Baca Juga :  KKN Mahasiswa UNM di Belopa Bagikan Masker

Dikatakannya, perubahan era yang mengakibatkan media komunikasi dari tradisional kemudian bertransformasi menjadi berbasis digital, memaksa SDM humas dan kominfo untuk menyesuaikan diri dengan meningkatkan kompetensi dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diharapkan mampu menjawab tuntutan dan kebutuhan akan pelayanan publik yang dinamis, efektif dan efesien.

Ada empat point literasi dalam mendukung akselerasi transformasi digital yang perlu menjadi acuan bagi setiap aparatur pemda yang bekerja pada bidang kehumasan dalam menerapkan sistem kompetensi berbasis digitalisasi, yakni kemampuan individu dalam mengetahui, memahami penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak system operasi digital (digital skill).

Kemudian, kemampuan menyadari, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital (digital ethics). Lalu, bentuk aktivitas masyarakat diruang digital yang harus memiliki wawasan kebangsaan, nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan (digital culture). Dan kemampuan masyarakat untuk mengenal, menerapkan, meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi dan keamanan digital (digital safety).

Baca Juga :  Stok Bahan Pangan di Luwu Aman Selama Ramadhan, Harga Stabil

Sekretaris DKISP Kabupaten Luwu, Alimuddin, menyambut baik kunjungan tim BBPSDMP Kominfo Makassar. Dirinya berharap Tim BBPSDMP dapat memberikan masukan terkait program pengembangan SDM dan dapat menjalin kerjasama untuk meningkatkan kompetensi SDM yang ada pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Luwu.

  • MUH ASRI