Andi Sudirman Ganti 3 Jabatan Plt Kadis, Ambarala Pimpin Dinsos

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (BERIT.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Wakil Gubernur (Wagub) Andi Sudirman Sulaiman kini punya ruang untuk mengambil kebijakan khusus di Pemprov Sulsel usai dirinya ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur.

Terbaru, Plt Gubernur Sulsel ini resmi menggeser tiga Pelaksana Tugas Pimpinan Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) di periode Gubernur Nurdin Abdullah.

Tiga Plt Kepala OPD yang digeser itu masing-masing, Gelama Fauza Dinas Sosial digantikan Hasan Basri Ambarala Staf Ahli Gubernur juga mantan Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulsel.

Kedua, jabatan Plt Kepala Bappelitbangda yang diisi salah satu orang kepercayaan Nurdin Abdullah yaitu Junaedy sekarang digantikan Andi Darmawan Bintang saat ini sekaligus Kepala Ketenagakerjaan (Disnaker) Pemprov.

Baca Juga :  BI Dorong Penggunaan QRIS Merchant Transaksi Keuangan Pemda se-Sulsel

Posisi ketiga, Plt Kepala Inspektorat Sulsel yang selama ini diisi Sriwahyuni kini digantikan oleh Sulkaf Latif mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan yang di periode Nurdin Abdullah dipakir ke Staf Ahli Gubernur.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Setda Pemprov Sulsel Imran Jausi mengatakan penggantian ketiga Plt Kepala OPD itu atas rekomendasi Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

“Untuk ketiga jabatan Eselon 2 tersebut diatas telah dijabat oleh Plt yg ditunjuk selama lebih dari 2 x 3 bulan (sesuai ketentuan) sehingga perlu menunjuk pejabat lain untuk menjabat jabatan lowong tersebut,” ucapnya

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Izinkan 3 SMA di Makassar Uji Coba Belajar Tatap Muka

Alasannya, kata Imran mengigat, tiga posisi tersebut sudah melewati batas 6 bulan masa sebagai Plt Kepala OPD. Surat Keputusan (SK). Nama-nama yang ditunjuk pun sudah diserahkan Rabu 3 Maret 2021 kemarin.

“Betul, karena yang bersangkutan telah menjalani sebagai Plt selama 2 x 3 bulan, sesuai surat edaran BKN nomor 1 tahun 202. Kemarin sdh diberikan dan SK itu berlaku sejak tgl 3 Maret 2021,” ujarnya.

  • Andi Khaerul