UKPBJ Gelar Penyuluhan Hukum Bersama Kejari, Plt Sekda Luwu: Kelola Administrasi Keuangan dengan Baik

BERITA.NEWS, Luwu – Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Luwu menggelar kegiatan penyuluhan hukum tentang pencegahan tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan pengadaan barang jasa oemerintah.

Penyuluhan hukum ini digelar di ruang rapat Bappeda Luwu, Rabu (3/3/2021).

Plt Sekretaris Daerah Luwu Sulaiman mengatakan bimbingan dan pengawasan dari Kejaksaan Negeri Luwu melalui penyuluhan hukum yang di gagagas UKPBJ sangatlah diperlukan karena berkaitan dengan pengelolaan uang negara.

“Bimbingan dan pengawasan dari Ibu Kajari dalam mengelola keuangan negara itu memang sangat dibutuhkan karena kemungkinan adanya penyalahgunaan dalam pengelolaan bisa saja terjadi,” katanya.

Baca Juga :  Satlantas Polres Luwu dan Mahasiswa KKLP STISIP Veteran Palopo Bagi-bagi Masker

Karena itu, katanya, apa yang dipaparkan pihak Kejaksaan diminta untuk diikuti dan disimak dengan baik oleh semua peserta.

“Saya yakin dan percaya, jika saudara-saudara melaksanakan tugas pengelolaan administrasi keuangan dengan baik, maka kita tidak akan terimbas dengan masalah hukum,” ujar Sulaiman.

Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erni Veronika Maramba, dalam paparannya menjelaskan beberapa landasan hukum dan pencegahan tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dapat mengakibatkan kerugian keuangan Negara.

Pihak Kejari Luwu juga siap memberikan pendampingan hukum kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab Luwu yang membutuhkannya.

Baca Juga :  Dilantik Plt Gubernur, Basmin Mattayang Jabat Ketua Umum TP2DD Luwu

“Sejak awal, saya sudah menyampaikan bahwa kami akan fokus untuk melakukan pendampingan kepada OPD yang meminta untuk itu. Tapi jika terdapat temuan hukum maka akan kita tindaklanjuti,” katanya.

“Olehnya itu, kami wanti-wanti kepada semua yang terlibat dalam pengelolaan keuangan negara agar bekerja berdasarkan aturan yang ada. Jangan mau diintevensi,” tegas Kajari Luwu.

  • MUH ASRI