Pascapanen, Masyarakat Suli Gelar Tudang Sipulung

BERITA.NEWS, Luwu – Tudang sipulung masyarakat Suli merupakan budaya yang digelar tiap tahun, setiap pascapanen yang diadakan oleh petani dan pemerintah setempat.

Seperti tahun ini, masyarakat juga menggelar tudang sipulung di Kelurahan Suli, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (3/3/2021).

Lurah Suli Awaluddin SE menjelaskan mengenai arti dari tudang sipulung.

“Tudang sipulung diartikan sebagai wadah yang memediasi antara kepentingan masyarakat dan pemerintah. Tradisi tudang sipulung telah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Suli sebagai ruang bersama untuk bermusyawarah dan bermufakat dalam rangka mencari solusi atas persoalan yang tengah di hadapi masyarakat,” kata Awaluddin.

Baca Juga :  Stok Bahan Pangan di Luwu Aman Selama Ramadhan, Harga Stabil

“Tudang sipulung tahun 2021 dilaksanakan agar petani dan pemerintah duduk bersama dalam membahas peningkatan hasil panen maupun permasalahan yang terjadi selama ini,” jelasnya.

Seorang tokoh masyarakat Suli mengatakan maksud dari kegitan tudang sipulung tahun 2021 adalah sebuah proses kesepakatan bersama antara kelompok tani agar dapat menghasilkan panen yang lebih baik di musim berikutnya.

“Tudang sipulung tahun 2021 adalah sebuah proses kesepakatan bersama antarkelompok tani di wilayah ini agar kompak dalam hal turun cocok tanam maupun apa yang harus dilakukan bersama untuk meraih keberhasilan dalam panen berikutnya,” katanya.

Baca Juga :  KKN Mahasiswa UNM di Belopa Bagikan Masker

Tudang Sipulung tahun 2021 berjalan dengan lancar sehingga menghasilkan kesepakatan serta keharmonisan antara petani dan pemerintah setempat.

  • MUH ASRI