Forum Pinisi Sultan Akan Undang Seluruh Daerah di Sulsel Gali Potensi Ekonomi dan Pariwisata

Konferensi pers Forum Pinisi Sultan di Four Points Sheraton Hotel (BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) bekerjasama sama dengan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulsel menghadirkan forum percepatan investasi, perdagangan dan pariwisata Sulawesi Selatan (Pinisi Sultan).

Anggota Forum Pinisi Sultan diisi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel. Seperti, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Selanjutnya, Dinas Perindustrian (Disperin) dan Dinas Perdagangan (Disdag) disupport Kantor BI Perwakilan Sulsel. Pinisi Sultan akan menghadirkan pemerintah di 24 kabupaten dan kota guna menggali data potensi daerah.

Kepala DPM-PTSP Sulsel Jayadi Nas mengatakan hadirnya Forum Pinisi Sultan merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 35 Tahun 2020. Tanggal 8-9 Maret akan mengundang 24 kabupaten dan kota di Four Points Sheraton Hotel.

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Izinkan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid

“Kita bisa indentifikasi potensi investasi perdagangan, perindustrian begitu juga pariwisata sehingga segala aktivitas melalui perancangan yang baik. Kita bersyukur Alhamdulillah. BI jadi support luarbiasa. BI,” ucapnya di Four Points Sheraton Hotel, Senin (1/2/2021).

Lebih lanjut, Jayadi mengatakan pihaknya akan meminta setiap pemerintah daerah untuk membawa data potensi daerah masing-masing, didiskusikan dalam forum tersebut.

“Kabupaten/kota diminta membawa data-data potensi. Kegiatan ini dua hari. Kita mau dari forum ini ada kesepakatan dan kejelasan. Apalagi akan dihadiri Bupati Walikota se-Sulsel,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sulsel Budi Hanoto mengatakan hadirnya Forum Pinisi Sultan tidak hanya bekerja dua tiga hari saja, melainkan terus berkesinambungan membantu pertumbuhan ekonomi investasi.

Baca Juga :  Plt Gubernur Andi Sudirman Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah Mantan Sekprov Sulsel

“Ini bukan pekerjaan dua tiga hari tapi terprogram. Kebetulan BI tangani itu semua. Ekspor impor dan sebagainya. Phinisi Sultan akan menjembatani semua itu. Ini momentum sangat bagus meningkatkan kepercayaan. Lebih kuat lagi, Pinisi Sultan akan menjemput itu,” pungkasnya.

Adapun dinas lainnnya, seperti Pariwisata, Perindustrian dan Perdagangan juga telah menyusun bahan untuk didiskusikan bersama dalam Forum Pinisi Sultan tersebut.

  • Andi Khaerul