Jadwal Turnamen Piala Menpora Diundur

PT Liga Indonesia Baru (LIB) (IST)

BERITA.NEWS, Jakarta – Pelaksanaan Turnamen Piala Menpora 2021 bakal jadi ajang awal kembalinya sepakbola Indonesia setelah dihentikan sejak Maret tahun lalu, karena pandemi virus corona yang mulai merebak di Indonesia.

Sudah hampir satu tahun sepakbola Indonesia hilang, dan Piala Menpora diharapkan bisa menjadi uji coba yang bagus sebelum kompetisi sesungguhnya dilaksanakan pada Juni mendatang.

Piala Menpora direncanakan bergulir pada 15 Maret dan selesai pada April. Tapi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengutarakan ada penundaan soal jadwal kick-off laga perdana dari turnamen ini.

“Iya benar, Piala Menpora jadi diundur dan mulai pada 21 Maret mendatang. Tetapi untuk selesainya, tetap berakhir pada 21 April 2021,” ujar direktur utama LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Beberapa hari terakhir, LIB dan segala pihak terkait terus membuat perencanaan matang terkait pelaksanaan Piala Menpora. Klub-klub juga sempat diajak berdiskusi terkait pelaksanaan Piala Menpora.

Baca Juga :  El Clasico Akhir Pekan: Semoga Bukan yang Terakhir bagi Messi

Menurut Lukita, penundaan kick-off Piala Menpora adalah pilihan paling tepat. “Itu rancangan yang sudah didirikan matang-matang, dan telah didiskusikan oleh kami yang berada di internal,” tukas Lukita.

Piala Menpora akan diikuti oleh 18 klub yang seluruhnya berasal dari Liga 1. Awalnya ada informasi bahwa PSMS Medan dan Sriwijaya FC diajak untuk ikut serta, namun ternyata turnamen ini hanya untuk klub Liga 1.

Empat kota telah dibidik sebagai tuan rumah pada fase grup Piala Menpora, antara lain Bandung, Solo, Malang, dan Sleman. Keempat kota tersebut bisa saja jadi tuan rumah, tanpa keberadaan klub yang berasal dari kota tersebut.

Hingga kini klub Liga 1 belum menerima regulasi tetap soal Piala Menpora, dan rencananya hal tersebut akan diterima klub pada awal Maret. Nantinya, LIB juga mengizinkan klub menggunakan pemain tanpa kontrak di ajang ini.

Baca Juga :  Jadwal, Hasil, dan Klasemen Liga Italia: Milan Perkecil Jarak dari Puncak

Maksudnya, pemain boleh menjadikan ajang ini sebagai seleksi, pun sebaliknya dengan klub. Namun, Sudjarno selaku direktur operasional menegaskan, harus ada hak dan kewajiban yang jelas antara klub dan pemain, untuk Piala Menpora.

Beberapa klub Liga 1 sudah kembali ke lapangan untuk menjalani latihan menyambut Piala Menpora. Diawali dengan Bali United, Bhayangkara Solo FC, hingga Borneo FC yang baru saja memulai latihan pada Jumat, 26 Februari.

sumber: goal.com