Polres Parepare Gelar Tes Urine, AKBP Welly: Anggota Yang Pakai Narkoba Langsung Dipecat

Kapolres Parepare saat pelaksanaan pemeriksaan urine secara berkala kepada seluruh jajaran Polres Parepare, Kamis (25/2/2021).

BERITA.NEWS, Parepare – Polres Parepare menggelar pemeriksaan urine terhadap seluruh personel di Mapolres Parepare, Kamis (25/2/2021).

Pemeriksaan urine ini diikuti personel Sat Reskrim, Sat Sabhara, Sat Intelkam, Bag Ops, Sitipol, Sat Tahti, Siwas, Sium, SPKT, Bag Sumda, Sikeu, Bag Ren serta Pewira Pertama (Pama).

Tes urine secara berkala tersebut merupakan program kerja Kapolri selama seratus hari kedepan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kasi Propam Polres Parepare IPDA Kisman, SH, para personel Si Propam Polres Parepare serta Baur Kesehatan Polres Parepare.

Kapolres Parepare AKBP Welly Abdillah, S.H., S.I.K, mengatakan, tes urine ini untuk mendindaklanjuti perintah Kapolri dalam program 100 hari kerja.

“Apabila ada anggota Polri yang terindikasi pemakaian Narkoba maka akan dipidanakan kemudian dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan,” kata AKBP Welly Abdillah.

Baca Juga :  Peduli Kemanusiaan, Sespimen Dikreg 61-2021 Bantu Ketersediaan Darah PMI dengan Donor Darah

Kegiatan ini sudah dilakukan selama empat hari, dan hari ini merupakan hari terakhir.

Pada hari terakhir ini, tes urine diikuti oleh Kapolres Parepare AKBP Welly Abdillah, Waka Polres Parepare Kompol H Sudarno serta ratusan personel Polres Parepare. “Sampai sekarang belum ada yang teridikasi memakai narkoba,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Si Propam bekerjasama dengan Urusan Kesehatan Polres Parepare enam bulan sekali sebagai bentuk pengawasan dan pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba oleh personel Polres Parepare.

Sementara itu PS Paur Kesehatan Polres Parepare mengatakan bahwa, selain urine pemeriksaan ini juga dilakukan melalui air liur dengan menggunakan Drigwipe.

Baca Juga :  Resmi Dilantik, Rahman Assegaf Kembali Pimpin PMI Pangkep

“Drigwipe merupakan alat terbaru yang digunakan oleh Satuan Reserse Narkoba, alat ini digunakan apabila ada pelaku Narkoba yang baru ditangkap. Alat tersebut sangat akurat dan paling cepat dengan kecepatan 10 sampai dengan 15 menit,” jelasnya.

Kegiatan pemeriksaan urine dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk pancegahan penurahan virus corona (Covid-19).

Kegiatan tersebut diawali dengan apel pengecekan personel yang dipimpin langsung Kapolres Parepare AKBP Welly Abdillah.

  • MAULANA KARIM