Pemprov Sulsel Suntik Miliaran untuk Kawasan Kumuh di Pinrang

BERITA.NEWS, Pinrang – Pemprov Sulsel tahun ini memberikan bantuan keuangan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang.

Anggaran itu tidak hanya digunakan untuk infrastruktur, tapi juga penanganan kawasan kumuh.

Tahun sebelumnya, Pemkab Pinrang digelontor bantuan keuangan dari Pemprov sebesar Rp35 miliar. Untuk tahun ini nilai bantuan itu dijanjikan lebih besar. Bahkan memungkinkan naik menjadi dua kali lipat.

Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pinrang, Awaluddin Maramat, mengatakan penggunaan bantuan keuangan tersebut juga akan dimaksimalkan untuk dilakukan penanganan kawasan kumuh.

Awal menyebutkan, selain kawasan kumuh, infrastuktur ruas jalan serta rehabilitasi Lasinrang Park akan menjadi bagian dari penggunaan anggaran tersebut.

“Penanganan kawasan kumuh itu nanti di Kecamatan Watang Sawitto, juga masih ada di kota. Namun detail perencanaannya ada di Bappeda itu,” kata Awal, Rabu (24/2/2021).

Informasi yang dihimpun dari Bappeda, anggaran yang digunakan untuk penanganan kawasan kumuh diestimasikan sebesar Rp3 miliar. Salah satunya, akan menyasar Kelurahan Penrang di Kecamatan Watang Sawitto.

Sementara itu, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, menjelaskan bahwa hasil dari bantuan keuangan Pemprov, khususnya di bidang infrakstruktur jalan, sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Bantuan keuangan sangat membantu kami dalam menggerakkan pembangunan di daerah yang memiliki APBD terbatas,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sulawesi Selatan A. Ina Kartika Sari menyampaikan bahwa pandemi bukan hal yang dapat dijadikan alasan untuk mengurangi kinerja. Bantuan keuangan merupakan suatu program yang tepat yang dicanangkan oleh Gubernur.

“Apapun bentuk programnya, yang jelas itu memberi efek kepada masyarakat,” ucapnya.

  • JUNE