Arham Basmin Perkenalkan Batik Batara Guru di Wisuda Taruna SMK Pelayaran Katangka

BERITA.NEWS, Makassar – Ketua KNPI Sulsel Andi Muhammad Arham Basmin memperkenalkan batik Batara Guru karya wija to Luwu di hadapan ratusan wisudawan taruna perwira remaja SMK Pelayaran Katangka Makassar ke-5.

Saat menghadiri pelantikan itu di Hotel Gammara Makassar, Sabtu (20/02), dia mengenakan pakaian bercorak batik tersebut.

Arham terlihat sangat gagah dan berwibawa dalam balutan batik karya wija to Luwu ini. Corak batik Batara Guru yang menyala dengan warna orange keemasan dipadu warna hitam yang membuat corak ini semakin terlihat elegan.

Batik Batara Guru mengandung makna kemakmuran sebagaimana tujuan Batara Guru diturunkan ke bumi untuk kemakmuran manusia. Seperti itulah pilosofi yang terkandung pada batik Batara Guru yang inspiratornya Bupati Luwu Dr Basmin Mattayang.

Baca Juga :  Bupati Luwu Ucapkan Selamat kepada 11 Kepala Daerah yang Dilantik

Wisuda ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Prof Muhammad Jufri selaku Inspektur Upacara.

Wisuda kelima ini berlangsung dengan tetap menerapkan protkol kesehatan yang ketat. Sebanyak 120 taruna yang diwisuda kali ini terdiri dari program ahli nautika tingkat IV sebanyak 68 taruna dan program ahli teknika tingkat IV sebanyak 52 taruna.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Muhammad Jufri memimpin langsung prosesi upacara dan menyampaikan selamat kepada seluruh taruna yang diwisuda kali ini.

Baca Juga :  Pemkab Luwu dan Wajo Bertemu, Bahas Tapal Batas Wilayah

Ia mengatakan, kebutuhan pelaut menjadi penting, utamanya di Makassar yang menjadi penghubung untuk seluruh kawasan Indonesia Timur.

“Potensi kemaritiman seharusnya dapat dimanfaatkan alumni pelayaran,” kata Jufri.

Kepala SMK Pelayaran Katangka Makassar, Munafri Paspi mengatakan bahwa ini merupakan wisuda perwira remaja untuk SMK Pelayaran Katangka Makassar yang kelima.

  • MUH ASRI