Kepala Dinsos Sulsel Kunjungi Korban Puting Beliung di Luwu

BERITA.NEWS, Luwu – Kepala Dinas Sosial Sulsel Agustinus Appang mengunjungi lokasi bencana angin puting beliung di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, Jumat (19/2/2021) pagi tadi.

Kadinsos Sulsel didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Luwu dan Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Kabupaten Luwu.

Pasca bencana angin puting beliung yang menghantam Desa Salupao dan Desa Bululondong, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu hingga 4 hari ini masih menyisakan duka mendalam bagi para korban.

Sejumlah rumah warga mengalami rusak parah. Mereka pun terpaksa harus tinggal di beberapa rumah tetangga dan tenda pengungsian.

Kadinsos Sulsel sempat mengunjungi dapur umum Kementerian Sosial yang dibuka oleh Dinas Sosial Kabupaten Luwu. Tujuannya meninjau layanan yang dilakukan oleh personil tagana, pendamping PKH (Pendamping Keluarga Harapan) dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan).

Baca Juga :  Bertemu Andi Hatta, Arham Tegaskan Keluarga Basmin Mattayang Tak Ikut Musda Golkar Luwu

Dalam kunjungannya tersebut juga ada beberapa bantuan yang disalurkan seperti sembako dan perlengkapan kebutuhan bayi serta mendata salah satu korban jiwa yang meninggal saat kejadian pada Selasa 16 Februari 2021 lalu, untuk kemudian diupayakan pengadaan dan pemberian santunan bagi keluarganya. Data yang telah ada dalam waktu dekat akan dikirim ke Kementerian Sosial atas rekomendasi dari Dinas Sosial Provinsi.

Kadinsos Sulsel Agustinus Appang menyampaikan ungkapan duka yang mendalam bagi para korban yang tertimpa bencana serta memberi motivasi kepada para relawan yang masih ada di lokasi. Para relawan membantu mengevakuasi reruntuhan bangunan dan mendampingi para korban di pengungsian.

Baca Juga :  Support Container FC, Marwal Iskandar: Konsep dan Gagasannya Sangat Maju

Selain itu, Kadinsos Sulsel meninjau penyaluran sembako dari 1 agen sembako yang nantinya akan disalurkan ke 142 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) program sembako.

Kehadiran rombongan dari Dinas Provinsi merupakan bagian dari tindak lanjut yang telah dikoordinasikan sebelumnya oleh Dinas Sosial Kabupaten Luwu atas instruksi Bupati Luwu.

  • MUH. ASRI