Yakin Kompetisi 2021 Bergulir, ADS: Suporter Harus Siap Nonton di Rumah

Tokoh sepakbola Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla (ADS). (IST)

BERITA.NEWS, Makassar – Izin pelaksanaan Kompetisi Liga 1 musim 2021 belum terbit hingga saat ini. Hal ini tak lain karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Menanggapi keputusan tersebut, tokoh sepakbola sekaligus mantan manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla menilai itu hal wajar. Menurut dia, kondisi pandemi covid-19 jadi alasan utama Polri belum memberikan izin kepada Persatuan Seluruh Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia.

“Mengeluarkan izin keramaian untuk pelaksanaan Liga 1 Indonesia memang tidak mudah, karena covid-19 masih tinggi di Indonesia,” kata dia, Senin (15/2/2021).

Kendati demikian, mantan Direktur Teknik PSM Makassar itu tetap yakin kompetisi akan bergulir tahun ini. Tentu dengan berbagai protokol kesehatan (Protokes) yang ketat, diantaranya bermain tanpa penonton seperti kompetisi Eropa yang berjalan saat ini.

Baca Juga :  Liga Spanyol: Real Madrid Tak Mampu Tundukkan Real Sociedad di Kandang Sendiri

“Saya yakin tetap keluar izin kompetisi, dan mulai setelah lebaran Puasa nanti. Itupun dilaksanakan dengan pengawasan ketat,” tambah dia.

Harap Kesadaran Suporter Indonesia

Pria yang kerap disapa ADS ini mengharapkan kesadaran suporter Indonesia. Suporter harus mampu memberikan keyakinan tinggi kepada Polri agar kompetisi berjalan tanpa penonton.

“Peran suporter sangat penting, mereka harus memberikan keyakinan agar kompetisi berjalan sesuai dengan protokol kesehatan, harus siap dengan regulasi tanpa penonton seperti di Inggris yang bermain tanpa penonton,” terang dia.

Baca Juga :  Liga Jerman: Arminia Bielefeld Pecat Uwe Neuhaus

Dia akui bahwa suporter klub di Indonesia sangat fanatik, tapi saat pandemi seperti ini harus siap untuk bermain tanpa penonton.

“Contohnya Liga Inggris yang bergulir saat ini, kompetisi mereka bermain tanpa penonton, dan itu harus kita contohi, kalau di Vietnam dan Thailand masih memberikan ruang bagi suporter, tapi kita harus siap bermain tanpa penonton,” tambah dia.