Belum Ada SK Kemendagri, Gubernur Sulsel Teken SK Plh Bupati

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar– Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) mengaku belum mendapat Surat Keputusan (SK) penetapan kepala daerah terpilih dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Rencana pelantikan tanggal 17 Februari mendatang bertepatan akhir masa jabatan beberapa Bupati di 12 kabupaten dan kota. Kemungkinan besar akan diisi Pelaksana Harian (Plh) oleh Sekretaris Daerah (sekda) masing-masing.

Nurdin mengatakan pihaknya telah melakukan penandatanganan untuk tunjuk Sekda sebagai Plh Bupati, jika ditanggal 17 Februari nanti belum ada SK penetapan Kepala Daerah terpilih dari Kemendagri.

“Kita masih menunggu SK, kalau SK baru kita atur jadwal pelantikan. Belum ada (dari Kemendagri). Pokoknya yang sudah saya tandatangani tadi itu cuman Plh yang tidak ada SKnya, itu semua itu,” ucapnya. Senin (15/2/2021).

Baca Juga :  Forum Pinisi Sultan Akan Undang Seluruh Daerah di Sulsel Gali Potensi Ekonomi dan Pariwisata

Meski begitu, Nurdin mengatakan pihaknya akan langsung mengatur jadwal pelantikan setibanya SK Bupati terpilih dari Kemendagri.

“Ya belum bisa dilantik tanggal 17 Februari, karena sampai hari ini belum ada SK, kita harus persiapkan dulu, yang pasti kita akan lantik secerah serentak semua,” ujarnya.

Diketahui, ada 12 kabupaten dan kota Se-Sulsel telah melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu. Yakni, Kota Makassar, Kabupaten Maros, Barru, Pangkep, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Utara, Luwu timur, Gowa, Selayar dan Bulukumba.

Baca Juga :  Dihadapan Menko PMK, Plt Gubernur Sulsel: Investasi Terbaik Adalah SDM

“SK (Belum ada) tidak bisa kita tentukan sekarang, kecuali SK sudah ditangan kita umumkan kita langsung umumkan rencana pelantikan, Bagaimana mau dilantik kalau sengketa,” pungkasnya.

Andi Khaerul