Gubernur Sulsel: Bandara Arung Palakka Bone Kembali Difungsikan

Gubernur Sulsel saat di Bandara Arung Palakka Bone.

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan memfungsikan kembali Bandara Arung Palakka yang terletak di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Bone, guna melayani layani pesawat ATR.

Posisi bandara tersebut dipercaya menjadi gerbang utama transportasi udara bagi empat kabupaten di sekitarnya. Yaitu Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai. Sempat melayani penerbangan komersial, namun terhenti sejak empat tahun lalu.

Dari segi teknis, bandara ini tetap siap beroperasi. Hanya saja Pemprov Sulsel melakukan pengembangan dengan perbaiki akses jalan masuk. Sedangkan pemerintah pusat akan memperpanjang runway dari 1.200 meter menjadi 1.600-1.700 meter.

Baca Juga :  Andalalin Stadion Mattoanging Dievaluasi Pemkot, Ini Penjelasan Dispora Sulsel

Jika sebelumnya bandara hanya melayani pesawat caravan, selanjutnya akan melayani pesawat jenis ATR-72. Bahkan pengembangan lebih jauh dapat dilandasi pesawat jenis boeing.

“Kami ini lagi merancang Sulsel terkoneksi termasuk Bandara Bone, ini sebenarnya bandara yang paling potensial. Kalau kita lihat dari segi lokasi, diantara seluruh bandara yang ada, Bone ini bisa kita jadikan hub,” ucapnya, Minggu (14/2/2021).

Lebih lanjut, Nurdin mengaku akan meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar run-way diperpanjang hingga 2.100 meter. Pihaknya juga akan memberikan subsidi tiket pada saat bandara sudah mulai beroperasi.

Baca Juga :  Andi Sudirman Ingin Lanjut Proyek Mangkrak di Sulsel, Termasuk Stadion Barombong

“Kalau bisa 2.100 meter, Boeing sudah bisa masuk di sini,” sebutnya.

Bandara tersebut juga akan terkoneksi dengan beberapa bandara, seperti Makassar, Selayar, Bira, Bua, Masamba dan Toraja.

  • ANDI KHAERUL