Perintah Presiden: Pembebasan Lahan KA Makassar- Parepare Harus Tuntas Bulan Maret

KA Makassar-Parepare (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS,Makassar– Deputi Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta tekankan perintah Presiden Jokowi untuk menuntaskan masalah pembebasan lahan Proyek Kereta Api (KA) Makasaar – Parepare, harus selesai bulan Maret tahun ini.

Hal itu ditegaskan Fabry Calvin dalam pertemuan bahas Program Strategis Nasional (PSN) di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel. Termasuk, soroti lambannya proses pembebasan lahan kereta api yang berlarut-larut.

“Iya, makanya tadi saya sudah pastikan bahwa masalah lahan harus selesai bulan Maret. Maret ya. Harus tuntas. Oleh sebab itu kita dorong 2023 sudah selesai semua (Kereta Api Makassar – Parepare),” tegasnya. Rabu (10/2/2021).

Baca Juga :  Gubernur Minta 11 Kepala Daerah yang Baru Dilantik Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Lebih lanjut, ia mengatakan semua PSN di Sulsel, termasuk KA dan Makassar New Port (MNP) juga tuntas sebelum akhir masa jabatan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin tahun 2024.

“Iya harus tuntas, oleh sebab itu kita dorong supaya 2023 sudah selesai semua. Program strategis nasional dia harus selalu sebelum presiden Jokowi turun. Harus selesai semua. Dalam konteks itu harus kita dorong supaya kerta api makassar – Parepare ini selesai sebelum presiden turun,” ujarnya.

Menurutnya, semua anggaran pusat untuk penyelesaian Proyek KA sudah tersedia, hanya butuh dorongan Pemerintah Daerah, khususnya, Makassar, Maros, Pangkep, Barru dan Parepare selesaikan masalah lahan tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Resmikan Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap I

“Nah, kami sudah putuskan tadi bahwa insya Allah tanggal 22 Februari nanti kita akan melakukan checklist yang sangat serius lagi secara mendetail sehingga kerja sama yang sangat serius dari pada kantor-kantor pertanahan di kabupaten- kabupaten maupun provinsi itu bisa didorong dengan Kongkrit untuk pembebasan lahan dengan baik,” pungkasnya.

 

Andi Khaerul