Besok, Gubernur Lantik Budiman Jadi Bupati Lutim Gantikan Thoriq Husler

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) akan melantik Budiman sebagai Bupati Luwu timur (Lutim) di ruang rapat pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur Sulsel besok, Kamis 11 Februari 2021.

Nurdin mengaku pihaknya baru menerima Surat Keputusan (SK) pelantikan Budiman dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk naik jabatan dari Wakil Bupati terpilih menjadi Bupati menggantikan Thoriq Husler yang wafat sebelum pelantikan.

“Besok saya akan melantik Bupati Luwu Timur, ya besok. Ini baru tadi suratnya datang. Begitu ada surat kita tidak boleh berlama-lama. Termasuk Makassar dan lain-lain,” ucapnya, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga :  Plt Gubernur Instruksi Dinkes Tangani Bocah Penderita Gizi Buruk di Wajo

Lebih lanjut, NA mengatakan Budiman mengambil alih jabatan bupati terpilih Thoriq Husler karena lebih dulu meninggal dunia sebelum penetapan kepala daerah terpilih oleh Kemendagri.

“Luwu Timur besok, kan meninggal kan (Bupati terpilih) jadi wakilnya naik,” ujarnya.

Diketahui, Bupati Luwu Timur Thoriq Husler telah dipastikan akan melanjutkan masa jabatannya di periode kedua saat memenangkan pilkada serentak 9 Desember lalu. Dia berpasangan dengan Budiman.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Terima Pengharapan, Plt Gubernur: Ini Untuk Nurdin Abdullah

Hanya saja, belum sempat dilantik resmi, ia meninggal dunia di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo pada hari Kamis, 24 Desember 2020 lalu.

  • ANDI KHAERUL